Rutan Batang
Hukum

Program Bebas Buta Huruf Al-Qur’an terus Digalakkan di Rutan Batang

Kabupaten Batang Garuda Citizen Jateng-Diantara program unggulan pembinaan di Rutan Batang adalah program bebas buta huruf Al-Qur’an. Untuk mencapai keberhasilan program tersebut, kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) secara intensif dilaksanakan didalam Pondok Pesantren (Ponpes) Darut Taubah Rutan Batang. Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang belum bisa membaca dan menulis Al-Quran diprioritaskan untuk menjadi santri di Ponpes Darut Taubah. Nantinya para santri wajib mengikuti program pendidikan yang telah ditetapkan di Ponpes salah satunya BTQ. Tampak para santri sedang tekun mengikuti pelajaran menulis yang disampaikan oleh pengajar yang juga seorang WBP, Senin (18/1).

Kepala Rutan Batang menjelaskan selama pandemi covid-19, pihaknya memberdayakan potensi WBP yang memiliki keahlian dibidang agama untuk menjadi pengajar di Ponpes Darut Taubah. Sebelumnya pengajar di Ponpes Darut Taubah didatangkan dari Kementerian Agama Kabupaten Batang dan juga dari Ponpes Al-Ikhsan Batang. “Kebetulan ada beberapa warga binaan yang lulusan pesantren sehingga kami berdayakan untuk mengajar temannya. Biasanya ada pengajar dari Kemenag dan pihak Ponpes Al-Ikhsan Batang, namun selama pandemi pengajar dari luar sementara kami stop dulu” tutur Rindra.

Meskipun hanya mengandalkan tenaga dari WBP sendiri Rindra berharap program pesantren dalam rutan berhasil membina WBP minimal selepas dari Rutan bisa baca tulis Al-Quran dan praktek ibadah dengan benar.

Sebelumnya, Pesantren At Taubah Rutan Batang diresmikan oleh Bupati Batang, H. Yoyok Riyo Sudibyo, pada tanggal 7 Maret 2016. Saat ini Pesantren At Taubah Rutan Batang telah memiliki blok khusus santri untuk mengintensifkan pembelajaran.(HL/Sumber Humas Rutan Batang)

Related posts

Bayi 2 Bulan Ikut Meringkuk di Tahanan Bersama Sang Ibu

Hadi Lempe

Yasonna Terpilih Jadi Presiden AALCO Ke-61

Hadi Lempe

Tak Sesuai Konstitusi, Pencopotan Fadel Muhammad Dari Wakil Ketua MPR Oleh DPD Cacat Hukum

Hadi Lempe

Jaga Kondusifitas Bulan Ramadan, Satpol PP Lakukan Giat Cipta Kondisi

Hadi Lempe

Seorang Remaja Pelaku Penjambretan HP Berhasil Ditangkap Warga

Hadi Lempe

Usut Tuntas Kasus, Aliansi Ormas Bersatu Kota Pekalongan Gelar Aksi Damai

Hadi Lempe

Leave a Comment