Analisis capaian dan evaluasi gangguan Kamtibmas 2023
Hukum

Akhir Tahun Polres Pekalongan Kota; Rilis Capean Dan Evaluasi Kinerja Penangan Gangguan Kamtibmas Selama Tahun 2023.

Kota Pekalongan, –Garudacitizen Jateng – Polres Pekalongan Kota rilis kegiatan dan evaluasi kinerja selama tahun 2023. Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Doni Prakosa Widamanto,S.I.K merilis hasil analisis capaian dan evaluasi gangguan Kamtibmas periode 2023. Dalam konferensi pers di sampaikan hasil kinerja jajaran Polres Pekalongan Kota terkait temuan dan tindakan serta langkah-langkah yang akan diambil guna memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Pekalongan Kota. Acara Press Konfrensi Pers digelar di aula lantai II Mapolresta Pekalongan Kota, Sabtu ( 31/12/2023 )

AKBP Doni Prakosa Widamanto,S.I.K menjelaskan bahwa hasil anev sitkamtibmas sesuai data, untuk Sat reskrim dengan Trend jenis kejahatan yang terdiri dari kejahatan konvensional, trans nasional, kejahatan kekayaan negara, kejahatan berimplikasi kontijensi dan gangguan kamtibmas, pada tahun tahun 2023 mengalami kenaikan.

Dengan rincian Kejahatan Konvensional mengalami kenaikan sebanyak 73 kasus, Kejahatan Trans Nasional naik sebanyak 6 kasus (13,3%) ,Kejahatan terhadap kekayaan negara naik satu kasus. Sedangkan kejahatan berimplikasi kontijensi dan gangguan kamtibmas, pada tahun 2023 mengalami kenaikan satu kasus.Kemudian Penyelesaian kejahatan, Penyelesaian perkara,Resiko Penduduk terdampak dan kecepatan penanganan mengalami peningkatan.

Secara rinci sebagai berikut, terjadi kenaikan Kasus sebesar 27,5 % (81 kasus ) , kenaikan penanganan penyelesaian kasus 34,8 % (68 kasus) dan Peningkatan Penyelesaian perkara sebesar 4% . Kemudian besaranan penduduk yang terdampak juga mengalami kenaikan sebesar 10 % (10 kasus )Dan untuk kasus menonjol, mengalami penurunan seperti kebanjiran 100 %, Curat Turun 54,5 % dari 13 Kasus menjadi 6 Kasus sedangkan dan curanmor , turun 38 % dari 67 kasus menjadi 41 kasus.Adapun kasus yang menyangkut Narkoba Kapolres menjelaskan, kasus narkotika pada tahun 2022 sebanyak 29 kasus sedangkan pada tahun 2023 sebanyak 35 kasus .

Secara keseluruhan tindak pidana narkoba mengalami kenaikan sebesar 20,6%.Lebih lanjut mengenai Lalu lintas, terjadi 102 kasus kecelakaan pada tahun 2022 dengan korban jiwa 6 orang MD, 4 luka berat dan 115 luka ringan sedangkan di tahun 2023 ada kenaikan menjadi 180 kasus, 11 korban MD, 4 luka berat serta 184 luka ringan. Untuk pelanggaran telah dilakukan penindakan tilang mengalami penurunan dari 5.538 kasus turun menjadi 4.988 kasusu, turun 10 %. Dan bentuk upaya teguran tertulis mengalami kenaikan dari 5435 menjadi 5.897. surat teguran.

Kapolres juga memaparkan adanya pengungkapan kasus tipiring , mabuk ditempat umum, penjual miras tanpa ijin, tidak membawa identitas. Dan beberapa langkah konkret juga di sampaikan oleh Kapolres untuk meningkatkan kewaspadaan dan respons terhadap potensi gangguan.“Kami akan meningkatkan patroli, intensifikasi pengawasan, dan memperkuat kerjasama dengan masyarakat melalui program-program kepolisian yang melibatkan partisipasi aktif warga,

” Papar Kapolres.Kapolres juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jajaran kepolisian dan masyarakat atas kerjasama yang baik terjalin selama tahun 2023.“Kita berkomitmen untuk terus bekerja keras dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Pekalongan Kota. Kolaborasi antara kepolisian dan masyarakat sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif,” Pungkas Kapolres. (Eka.R/Gc)

Related posts

Pelaku Penyiraman Air Keras ke Istri dan Ibu Mertua Akhirnya Ditangkap Polisi

Hadi Lempe

Menkumham Lantik dan Ambil Sumpah Jabatan Pimti Pratama Kanwil Kemenkumham Jateng

Hadi Lempe

Yasonna Terpilih Jadi Presiden AALCO Ke-61

Hadi Lempe

Polres Pekalongan Musnahkan Ribuan Botol Miras

Hadi Lempe

Satpol PP bersama Tim Gabungan Berhasil Sita 17 Balon Udara Liar Berisi Petasan

Hadi Lempe

Audiensi PERMAHI Semarang, Kakanwil Kemenkumham Ajak Berkolaborasi Tingkatkan Kesadaran Hukum Masyarakat

Hadi Lempe

Leave a Comment