Ekonomi

Aktivitas TPI Pekalongan Mulai Normal, PAD Capai Sekitar 39,21%

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng– Aktivitas lelang ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pekalongan berangsur normal. Hingga akhir Juli 2021, capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) yakni sebesar 2.156.448.000 atau sekitar 39.21% dari target Rp. 5 Miliar.

Kepala UPTD TPI Pekalongan, Mochtar Sanusi SPi MAp menyampaikan bahwa aktivitas lelang ikan mulai pulih pada Maret lalu. Keterlambatan ini disebabkan adanya bencana banjir di Bulan Februari dan adanya pendangkalan membuat kapal nelayan enggan berlabuh, namun capaian ini masih lebih tinggi dibandingkan tahun 2020.

“Di bulan Februari sempat minus 46% akibat bencana banjir dan pendangkalan, sehingga hanya ada dua kali aktivitas lelang. Tetapi alhamdulilah di bulan Juni dan Juli pencapaiannya lebih tinggi dari tahun lalu. Akhir Juli hanya minus 16,9%,” ungkap Mochtar Sanusi.

Mochtar Sanusi mengungkapkan, selama musim angin timur tangkapan nelayan pun beragam diantaranya cumi, ikan tengiri, ikan cembung, ikan dorang, ikan haring, ikan banyar dan tongkol. Untuk harga cumi berkisar Rp. 30-50ribu tergantung ukuran ikan.

Begitu pula dengan ikan tengiri seharga Rp. 50-60ribu, dorang Rp. 50ribu, dan banyar berkisar Rp. 32-33Ribu. “Untuk tongkol layang memang harganya fluktuatif cenderung naik, berkisar Rp.23-27ribu,” katanya.

Di masa pandemi, pihaknya mengingatkan para awak kapal dan nelayan untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, hal yang tidak kalah penting yakni melihat kondisi cuaca saat hendak melaut.

“Jika cuaca sudah terlihat tidak bersahabat, kami himbau nelayan untuk tidak melaut, daripada nyawa mereka menjadi taruhan,” pungkasnya.(HL/Dyfa)

Related posts

ACT Pekalongan Bersama Kampung Berbagi Lakukan Operasi Pangan Gratis Bantu Masyarakat

Hadi Lempe

Jelang Lebaran, Dinperpa Pantau Keamanan Pangan Pasar Hewan

Hadi Lempe

Pasar Kraton Kota Pekalongan Dilaunching

Widodo

Dindagkop-UKM usulkan Ribuan UKM Untuk Dapatkan BPUM

Hadi Lempe

Kemenkumham Salurkan 46 Ribu Paket Bansos untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Hadi Lempe

Dinperinaker Kota Pekalongan Buka Pelatiham APBD I

Hadi Lempe

Leave a Comment