Antisipasi Bencana Alam, Polres Pekalongan Gelar Apel Kesiapsiagaan
Statemen

Antisipasi Bencana Alam, Polres Pekalongan Gelar Apel Kesiapsiagaan

Kabupaten Pekalongan, GarudaJateng – Kepolisian Resor Pekalongan menggelar apel kesiapsiagaan dalam rangka antisipasi bencana alam di wilayah Kabupaten Pekalongan, Rabu (4/12/2019).

Apel dilaksanakan di halaman Mapolres tersebut, dihadiri oleh Kapolres Pekalongan, AKBP Aris Tri Yunarko, S.I.K, M.Si, Dandim 0710/Pekalongan, Letkol Inf Afan Johan Wihananta, Wakil Komandan Detasemen Brimob Pelopor B Kalibanger, ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hj. Hindun, Asisten 1, PJU Polres Pekalongan dan kepala OPD setempat.

Kapolres Pekalongan selaku pimpinan apel menyampaikan. Perubahan iklim menjadi isu nasional yang harus dihadapi oleh seluruh negara. Selain itu, perubahan iklim berpotensi terhadap bencana alam. Sehingga dibutuhkan kesiapsiagaan personil baik TNI, Polri, BPBD dan Instansi terkait.

“Apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk memantapkan dan mensiapsiagakan personil TNI, Polri, BPBD dan instansi terkait. Serta untuk mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tutur Kapolres.

Hal ini dikarenakan wilayah di Kabupaten cukup berpotensi bencana alam. Seperti tanah longsor dan banjir. Dihimbau untuk tidak ada lagi tumpang tindih tugas penanggulangan bencana. Setiap unsur harus mengetahui tugas yang harus dikerjakan dan untuk saling bekerjasama.

AKBP Aris menambahkan, prinsip dalam penanganan bencana adalah cepat dan tepat. Bertujuan untuk meminimalisir korban dan harta benda. Prioritas yang mengandung arti bahwa penyelamatan terhadap nyawa lebih diutamakan daripada harta benda.

“Koordinasi dan keterpaduan yang mempunyai maksud antar instansi dan masyarakat. Harus saling mendukung dan terhadap wilayah yang berpotensi terjadi bencana alam. Mendapatkan perhatian khusus dengan membuat suatu pemetaan daerah rawan bencana. Agar apabila terjadi bencana penangananya dapat terencana, terorganisir dan sistematis,” lanjutnya.

AKBP Aris menegaskan bahwa apabila terjadi bencana alam di wilayah Kabupaten Pekalongan. Maka personil Polres Pekalongan telah siap siaga dalam penanganan bencana.

Usai pelaksanaan apel, Kapolres bersama Forkopimda melaksanakan pengecekan sarana dan prasarana penanganan bencana. (Islamia Ayu)

Related posts

Hari Angkutan Nasional, Dinhub Bahas Angkutan di Kota Pekalongan

Widodo

Berkah Idul Fitri, 168 WBP Rutan Diusulkan Dapat Remisi Lebaran

Widodo

DPUPR Segera Tangani Sandbag Geotube Rusak

Widodo

Bupati Pekalongan : Kades Jangan Ketawa Setelah Dilantik!

Widodo

Pelaku Penyiraman Air Keras ke Istri dan Ibu Mertua Akhirnya Ditangkap Polisi

Widodo

Deklarasi Ikrar Damai Empat Calon Kades Tlagawera Banjarnegara

Widodo

Leave a Comment