Statemen

Antisipasi Peredaran Makanan Tak Sehat, Tim Gabungan Sidak dan Periksa Jajanan Siswa

Kota Pekalongan, jateng.garudacitizen.com – Guna mengantisipasi peredaran makanan tidak sehat di lingkungan sekolah, Tim Gabungan Pengawasan Barang dan Makanan Beredar Kota Pekalongan melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap jajanan siswa di MSI Hidayatul Athfal (Hifal) Banyurip Alit, Pekalongan Selatan, Senin (29/7/2019).

Tim gabungan yang terdiri dari beberapa instansi terkait seperti Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dindagkop-UKM), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa), Satpol PP, Bagian Perekonomian Setda, Bagian Humas, Dinas Kominfo, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) serta Polres Pekalongan Kota menyasar sejumlah pedagang jajanan siswa yang menggelar dagangannya di sekolah tersebut.

Kepala Bidang Perdagangan Dindagkop-UKM setempat, Sri Haryati Ssos MM mengungkapkan sidak yang digelar hari ini atas permintaan dari Kepala Sekolah di sekolah tersebut untuk memastikan makanan yang dikonsumsi siswa aman dan bebas dari bahan berbahaya.

Dalam sidak tersebut juga dilakukan uji laboratorium dengan mengambil beberapa sampel untuk diperiksa lebih lanjut kandungan dalam makanan tersebut apakah mengandung formalin, borak, rodamin dan bahan kimia berbahaya lainnya.

“Kami melakukan sidak di MSI Hifal 01 Banyurip sesuai dengan permintaan Kepala Sekolah. Karena disini banyak pedagang-pedagang yang berdagang di lingkungan sekolah untuk mengantisipasi bahan berbahaya pada jajanan sekolah anak. Kami juga melakukan test kit dengan mengambil beberapa sample untuk di uji coba pada makanan yang dijual para pedagang disini,” terang Haryati.

Dituturkan Haryati, adapun jajanan siswa yang diperiksa seperti cilok, makaroni, nasi kuning, mie, saos, dan sejumlah jajanan lainnya.

Setelah diuji lab, hasil dari sidak tersebut tidak ada satupun makanan yang mengandung bahan berbahaya (negatif). Makanan-makanan yang diuji tersebut dinyatakan aman dikonsumsi oleh para siswa. Meskipun pada sidak tersebut tidak ditemukan makanan tidak sehat atau berbahaya, Haryati senantiasa menghimbau kepada para pedagang untuk berjualan dengan jujur dan mentaati aturan yang telah ditetapkan mengingat bahan kimia berbahaya yang ditambahkan ke makanan dapat menganggu tumbuh kembang pada anak.

Sementara itu, Kepala Sekolah MSI Hifal 01 Kota Pekalongan, Muhammad Jawad, S.Pd., sangat mengapresiasi dan merespon baik adanya sidak yang dilakukan oleh Tim Gabungan Barang dan Makanan Beredar untuk menekan peredaran jajanan siswa yang tidak layak dikonsumsi anak-anak didiknya.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada tim gabungan pengawas barang dan makanan beredar sebagai tindaklanjut kegiatan sosialisasi mutu jajanan sekolah anak di Amarta Setda Kota Pekalongan. Ini merupakan bentuk keprihatinan akan banyaknya beredar jajanan sekolah yang dikhawatirkan mengandung bahan kimia berbahaya. Alhamdulillah permintaan kami direspon sangat bagus dan cepat dari dinas-dinas terkait dengan langsung mengadakan sidak. Alhamdulillah setelah di cek, hasil sidak hari ini negatif dari kandungan bahan kimia berbahaya,” jelas Jawad.

Jawad menegaskan untuk mengantisipasi adanya makanan tidak sehat dan tidak aman yang diperjualbelikan di lingkungan kerjanya, pihaknya mengaku sudah melakukan pendataan dan membagikan surat pernyataan yang dibagikan kepada para pedagang yang berjualan di MSI Hifal 01 tersebut.

“Pihak sekolah sudah mendata dan membagikan surat pernyataan bahwa pedagang ini bersedia berjualan disini dengan mematuhi peraturan yang ada, kemudian dengan adanya sidak ini kita sampaikan hasilnya dan bagaimana ke depan kita akan ada pemeriksaan-pemeriksaan lagi dengan bekerjasama dinas-dinas terkait untuk memastikan jajanan sekolah yang diperjualbelikan aman, bersih dan sehat dikonsumsi untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas,” papar Jawad. (GC.Tim)

Related posts

Pemkot Pekalongan Terima Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

Widodo

Antisipasi Lonjakan Kendaraan, Dinhub Siapkan Skenario Lalu Lintas

Widodo

Sidak Kehadiran ASN, Pemkot Tekankan Posisi Siap Melayani

Widodo

Babinsa Bersama Kepala Desa Awasi Pembangunan Lapangan Rejosari Bojong

Widodo

Wujudkan Pemerintahan Bersih Narkoba, ASN Dites Urine

Widodo

Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kota Selesai

Widodo

Leave a Comment