Ragam

Awal Januari, Syahbandar Terbitkan 77 SPB

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Kantor Kesyahbandaran Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan (PPNP) pada Januari telah menerbitkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) sebanyak 77 Kapal. Baik kapal yang berukuran di atas 30 Gt (Gross tonnage) maupun di bawah 30 Gt. Akibat kondisi cuaca dan gelombang tinggi, penerbitan SPB mengalami penurunan.

Hal ini diungkapkan oleh Analis Syahbandar PPNP, Al Fajar Alam ketika dikonfirmasi melalui telepon, pada Kamis (4/2/2021). Ia menjelaskan bahwa penerbitan SPB pada bulan November sebanyak 121 kapal, bulan Desember sejumlah 59 kapal, dan bulan Januari sekitar 77 kapal. Dengan wilayah tujuan yang berbeda yakni mulai dari Utara Laut Jawa, Selat Makasar, dan Laut Samudera Hindia Bagian Selatan.

“Memang intensitas kapal baik yang keluar atau penerbitan SPB yang diterbitkan Kantor Kesyahbandar PPN Pekalongan mengalami penurunan. Indikasi penyebabnya adalah karena kondisi cuaca dan gelombang tinggi di laut. Sebelumnya pada tanggal 31 Januari-2 Februari BMKG telah mengeluarkan himbauan terkait potensi terjadinya gelombang tinggi,” ungkap Fajar.

Fajar mengatakan hingga saat ini belum ada kapal perikanan baik ukuran di atas 30 Gt ataupun di bawah 30 Gt yang mengajukan permohonan SPB untuk melakukan operasi penangkapan ikan ke laut.

Ia menambahkan, penerbitan SPB berlaku 1×24 jam. Pihaknya juga melakukan sejumlah pemeriksaan sebelum menerbitkan SPB, diantaranya ketentuan teknis dan administratif termasuk kelayakan dan kesiapan kapal, kompetensi nelayan, syahbandar juga memastikan kondisi cuaca dan gelombang. Selain itu, selama adanya pandemi Covid-19, para nelayan juga dilakukan pengecekan kesehatan.

“Jika sudah melewati waktu yang ditentukan, maka SPB akan ditarik dan nelayan harus melakukan pengajuan kembali sebelum berlayar. Kami juga selalu mengimbau, ketika di laut kondisinya tengah gelombang tinggi ataupun angin kencang, kami sarankan untuk segera merapat ke pulau terdekat untuk menghindari terjadinya kecelakaan lintas kapal maupun tenggelamnya kapal itu sendiri,” terangnya.(HL/Sekar)

Related posts

Sambut Hari Jadi, Gelorakan Semangat Kerja Bakti

Hadi Lempe

Lepas Sambut Dandim 0710 Pekalongan

Hadi Lempe

KORPRI Peduli Korban Banjir, Salurkan Paket Sembako

Hadi Lempe

Hari Pertama Siswa TK Pembina, Orangtua Antusias Mengantarkan Anaknya

Widodo

Wali Kota Pekalongan, Buka Bintek Kearsipan

Hadi Lempe

Mainan Tradisional Masih Bertahan Dari Gempuran Produk China

Widodo

Leave a Comment