Ragam Sejarah

Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar Diatas Kali Progo Temanggung

Temanggung, garudacitizen.Jateng – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Temanggung, bersama sejumlah anggota TNI-Polri Bertepatan upacara peringatan HUT ke-74 RI di Taman Progo. Bendera merah-putih raksasa dikibarkan di atas aliran Kali Progo, yang membelah wilayah Temanggung, Sabtu (17/08/2019).

Dwi warna berukuran 30 meter x 45 meter itu membentang di rel bekas kereta api, peninggalan zaman penjajahan Belanda.

Basuki, warga setempat, takjub melihat merah-putih‎ berkibar gagah di atas Kali Progo. Terlebih, rel kereta api bekas itu, merupakan saksi bisu sejarah perjuangan rakyat melawan penjajahan Belanda.

“Senang, ada bendera raksasa membentang gagah di tempat bersejarah, ini menjadi pengingat generasi muda untuk terus berjuang mengisi kemerdekaan dengan halhal positif dan bermanfaat,” tutur Basuki.

Ketua FPTI Temanggung, Suhendar, mengatakan pihaknya ingin pada peringatan ke-74 Kemerdekaan RI ini ada sesuatu yang berbeda. Serta, sesuatu yang menggugah rasa nasionalisme generasi milenial.

Simak video berikut :

“Dalam prosesi pengibaran ini, setidaknya diikuti oleh 70 perserta. 17 orang pengibar bend‎era di atas rel, delapan orang di bawah, serta 45 perserta upacara, itu belum termasuk masyarakat yang menyaksikan,” ucap Suhendar.

Bupati Temanggung, M Al Khadziq, mengaku mengapresiasi pengibaran bendera merah putih raksasa tersebut. Terlebih kegiatan itu dilakukan di tempat bersejarah. Ia berujar, jembatan rel kereta api yang membentang di atas aliran Kali Progo itu merupakan saksi bisu perjuangan rakyat Temanggung dalam melawan penjajah. Di tempat itu, banyak warga yang gugur saat berjuang.

“Kami berharap, pengibaran bendera raksasa ini bisa menggugah rasa nasionalisme kawula muda, tanpa perjuangan para pendahulu, tak mungkin masyarakat sekarang menikmati kemerdekaan,” pungkasnya. (Arintoko)

Related posts

Soliditas TNI-Polri Acara Tasyakuran HUT Bhayangkara Ke-73, di Doro Pekalongan

Widodo

Selawi Berduka, Bupati Ki Enthus Sukmono Meninggal Dunia

Hadi Lempe

TNI Koramil 14/Kandangserang Ajak Petani Gunakan Pupuk Ramah Lingkungan

Widodo

Jelang Idul Fitri 2018, Harga Kepokmas Batang Naik 5-10 Persen

Hadi Lempe

Danlanal Tegal Lepas 10 Kontingen Pramuka Saka Bahari ke Nias

Widodo

TNI–Polri Pekalongan Gelar Lomba PBB dan Berlalu Lintas Anggota Linmas

Widodo

Leave a Comment