Ragam

Bumil Ikuti Lomba Perform Bumil Sehat dan Keluarga Siaga

Pekalongan, jateng.garudacitizen.com – Sebanyak 14 ibu hamil (bumil) di Kota Pekalongan dari perwakilan masing-masing puskesmas di Kota Pekalongan mengikuti Lomba Perform Ibu Hamil Sehat dan Keluarga Siaga yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kesehatan setempat. Pelaksanaan lomba tersebut berlangsung di Aula PKK Kota Pekalongan, Selasa (30/4/2019).

Kepala Dinkes Kota Pekalongan yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Pekalongan, Tri Nurtiyasih menjelaskan lomba tersebut diadakan sebagai bentuk penghargaan dan perhatian kepada ibu hamil di Kota Pekalongan.

“Pagi ini kami mengadakan Lomba Ibu Hamil Sehat dan Keluarga Siaga yang merupakan penghargaan kepada ibu hamil se-Kota Pekalongan bahwa ibu hamil di Kota Pekalongan mendapatkan perhatian baik dari keluarga, masyarakat , kelurahan, kader, hingga di tingkat kota, “jelas Tri.

Disampaikan Tri, ibu hamil yang mendapatkan perhatian tidak hanya ibu hamil beresiko tinggi dalam mendapatkan pengawalan penuh namun juga ibu hamil sehat.

“Ibu hamil sehat jumlahnya lebih banyak sekitar 80% dibandingkan ibu hamil beresiko tinggi yang jumlahnya hanya 20%. Perhatian tersebut diberikan agar kehamilannya sehat, proses kelahirannya lancar, ibu selamat dan bayi sehat. Para ibu hamil disini dimotivasi agar mereka tetap menjaga kesehatan, melakukan pola hidup sehat, mengikuti kelas ibu hamil untuk mendapatkan ilmu tentang kehamilan dan kesiapan menghadapi proses kelahiran baik sebelum maupun pasca kelahiran, “ucap Tri.

Tri menambahkan saat proses kelahiran, bayi yang dilahirkan harus mendapatkan ASI ekslusif sekurang-kurangnya 6 bulan dan ibu hamil harus mendapatkan dukungan penuh baik dari suami dan keluarga.

“Agar kondisi ibu sehat, tidak stress, nyaman, ASI nya keluar banyak sehingga kebutuhan asupan bayinya terpenuhi,” imbuh Tri.

Adapun peserta lomba merupakan perwakilan ibu hamil dari 14 puskesmas yang telah diseleksi terlebih dahulu di tingkat kelurahan terutama ibu hamil yang telah mengikuti kelas ibu hamil.

Diterangkan Tri, sebagai OPD terkait Dinas Kesehatan menghimbau kepada para ibu hamil untuk rutin memeriksakan kehamilannya, mengikuti kelas ibu hamil dan mempersiapkan jelang proses kelahiran.

“Dari Dinas Kesehatan, kami menghimbau agar para ibu hamil harus rutin memeriksakan kehamilannya, mengikuti kelas ibu hamil sangat bagus dan perlu agar pengetahuan mereka bertambah, motivasi sudah disiapkan sejak awal menjelang proses kelahiran, suami juga harus selalu siaga mendampingi istrinya, menyiapkan pembiayaan dan jaminan kesehatan untuk proses kelahiran, “terang Tri. (GC.Tim)

Related posts

Seorang Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Area Pertambakan

Widodo

Ketua Persit KCK Cabang L Kodim 0735/Surakarta Kunjungi Posko Pam Lebaran

Widodo

Jelang Pengukuhan, 69 Anggota Paskibra Kota Pekalongan Giat Berlatih

Widodo

Kebakaran Habiskan Satu Rumah

Hadi Lempe

Desain Kemasan Tingkatkan  Pemasaran Industri Kecil Menengah  

Hadi Lempe

Siap 80%, Calon Petugas Call Center 112 Mulai Dilatih

Widodo

Leave a Comment