BeritaKesehatan

Cegah Polio, Dinkes Ajak Masyarakat Berikan Imunisasi Lengkap Kepada Anak

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Polio memang tidak bisa diobati, namun bisa dicegah dengan imunisasi. Anak usia di bawah 15 tahun, terutama anak-anak di bawah usia 5 tahun cukup beresiko terkena polio. Virus ini rentan dapat menyerang susunan saraf pusat manusia, apabila yang diserang ada saraf motorik (alat gerak), manusia bisa lumpuh layuh tiba-tiba. Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kesehatan terus mengimbau para orang tua untuk melengkapi imunisasi lengkap kepada anak, salah satunya vaksin polio.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto melalui Sub Koordinator Surveilan, Kurmanto menerangkan bahwa polio merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. “Virus polio penyebarannya lewat tinja, terlebih jika buang air besar sembarangan akan menyebabkan air di sekitar terkontaminasi oleh tinja yang mengandung virus tersebut lalu bisa terjadi penularan polio,” terangnya.

Ia menjelaskan selain dapat dicegah dengan pemberian vaksin, penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan dan perilaku hidup bersih dengan rajin mencuci tangan pakai sabun dengan benar. Selain itu, pihaknya juga mengimbau, masyarakat Kota Pekalongan untuk segera melapor kepada petugas Kesehatan atau puskesmas terdekat, bila menemukan anak usia di bawah 15 tahun dengan gejala lumpuh layu mendadak.Dinkes Kota Pekalongan Gelar Bakti Sosial Di Kelurahan Binaan Klego

Lebih lanjut, ia juga mengajak orang tua yang belum memberikan imunisasi polio kepada anaknya untuk segera melengkapi status imunisasinya. “Sejauh ini masih banyak orang tua yang beranggapan dan tersugesti cerita orang lain jika anak vaksin akan ada dampaknya, maka dari itu kami berharap masyarakat lebih cerdas bisa cari tahu ke sumber seperti puskesmas atau dinas kesehatan jika masih ragu manfaat vaksin yang akan diberikan oleh anaknya, jangan sampai anak ketinggalan vaksin, untuk membentuk kekebalan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus penyebab penyakit,” pungkasnya. (Aina HL)

Related posts

Dinkes Edukasi Caregiver Informal

Hadi Lempe

LGNOTA Salurkan Bantuan Anak Asuh

Hadi Lempe

Pasien Meninggal Akibat Covid-19, 100% Belum Vaksin

Hadi Lempe

Semarakkan HBP ke-60, Rutan Pekalongan Berbagi Ratusan Takjil Gratis

Hadi Lempe

Kapolda Jateng selaku Kaopsda Ops Mantap Brata; hari ini telah dilakukan Deklarasi Pemilu Damai oleh Wartawan di Jawa Tengah

Hadi Lempe

Dinkes Buka Pos Layanan Masyarakat Vaksinasi di Kelurahan

Hadi Lempe

Leave a Comment