Ciptakan Suasana kondusif, Jelang Pilkades Polres Turun ke Desa
Politik

Ciptakan Suasana kondusif, Jelang Pilkades Polres Turun ke Desa

Kabupaten Pekalongan, GarudaJateng – Kegiatan Patroli silaturahmi polres Pekalongan dalam rangka menciptakan situasi kondusif kamtibmas. Menjelang pelaksanaan pilkades hingga paska pilkades serentak di berbagai desa yang ada di Kabupaten Pekalongan.

Pilkades serentak akan digelar pada hari Rabu 13 November 2019 mendatang.

Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk pelaksanaan Perintah Kapolda provinsi Jawa Tengah. Karena dibeberapa daerah terjadi dinamika politik yang berpotensi terjadinya kerusuhan (chaos) dimasyarakat.

Menanggapi hal tersebut, calon kades Kulu, Setyo Nimpuno. Atau Tyo, sapaan akrabnya. Mengutarakan bahwa dirinya menyambut baik kegiatan Polres Pekalongan. Dalam upaya menciptakan iklim sejuk dalam pesta demokrasi rakyat, pilkades serentak ini.

“Masyarakat perlu suasana aman dan nyaman saat menjelang dan pelaksanaan serta paska pemilihan Kepala Desa. Oleh karenanya, atas himbauan ini akan segera di tindaklanjuti sampai kepada para pendukungnya,” ujar Tyo.

Menurut Kasat Intel Polres Pekalongan, AKP Susilo Kalis Rubiyanto, SH. Saat berkunjung di Desa Kulu, Kecamatan Karanganyar. Minggu (10/11/2019).

“Dalam pelaksanaan Pilkades serentak di wilayah kabupaten Pekalongan. Dapat terkendali keamanannya. Sehingga tercipta suasana tenang pada saat berlangsungnya pesta rakyat. Yang mampu memilih pemimpin desanya secara demokrasi,” terang Susilo.

Lebih lanjut, Ia mengimbau agar para calon pemimpin desa yang berkontestasi, pada saat menjelang pemilihan maupun paska pemilihan. Agar bisa meredam pendukungnya untuk tidak melakukan tindakan anarkis. Ataupun kegiatan yang dapat menimbulkan gesekan yang berpotensi pada keributan masyarakat.

Susilo juga menegaskan, bahwa penegakan hukum atas pelanggaran Pilkades lain dengan pola penegakan hukum untuk pemilu lainnya.

Terkait dengan pesta demokrasi ini, setiap pelanggaran langsung ditindak dalam sanksi pidana umum. Oleh karena, para calon Kepala Desa harus mampu mengendalikan pendukungnya. (Ikhsan/Wimpy)

Related posts

Video Preseden Buruk Di Bazar Murah Partai Perindo Pekalongan

Hadi Lempe

Mantan Jokowers Hadiri Kampanye Akbar Prabowo-Sandi di GBK

Widodo

Profil Catur Widyas Kumalawati, Caleg PDI-P No. Urut 3 Untuk DPRD Dapil 2 Pekalongan Utara

Widodo

Sumpah Janji 45 Anggota DPRD Temanggung

Widodo

Ramson Siagian Gelar Sosialisasi SKKNI dan Konsolidasi Pemantapan Relawan Srikandi

Widodo

Sehari Pasca Pemungutan, KPU Terima Hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara

Widodo

Leave a Comment