Dandim Pekalongan, Tinjau Wilayah Banjir dan Kunjungi Pengungsi
Sosial Budaya

Dandim Pekalongan, Tinjau Wilayah Banjir dan Kunjungi Pengungsi

Kota Pekalongan, GarudaJateng – Hujan lebat yang terjadi pada Rabu sore (19/2/2020) hingga Kamis pagi (20/2/2020) pagi. Mengguyur di seluruh wilayah Kota dan Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Mengakibatkan terjadinya banjir di sejumlah titik.

Wilayah terparah terdampak banjir salah satunya adalah di Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

Hampir di seluruh wilayah tersebut tergenang air dengan ketinggian antara 30 cm hingga 80 cm. Sehingga mengakibatkan banyak warga yang mengungsi.

Tercatat hingga kamis siang di Kota Pekalongan terdapat sebanyak 1416 jiwa pengungsi yang terbagi pada beberapa titik pengungsian.

Lokasi pengungsian diantaranya di Aula Kecamataan Pekalongan Barat 284 jiwa, Aula Kelurahan Tirto 173 jiwa, Masjid Al Karomah 493 jiwa, Musholla Al Ihsan 90 jiwa dan TPQ Al Hikmah 172 jiwa.

Sedangkan wilayah Kabupaten Pekalongan sebanyak 321 orang berada di PT Dupantex kelurahan Bener kec Wiradesa dan di PT. Lokatex berjumlah 30 orang.

Dikatakan Dandim 0710/Pekalongan, Letkol Inf Arfan Johan Wihananto saat melakukan tinjauan langsung ke lokasi banjir. Bahwa sebagai respon tanggap darurat bencana alam, pihaknya sudah melakukan aksi spontanitas berupa evakuasi warga dan pendampingan di beberapa titik pengungsian.

“Sudah sejak tadi malam kita kerahkan pasukan untuk membantu warga yang terdampak banjir, baik itu evakuasi maupun membantu masyarakat di pengungsian dan distribusi logistik mereka,” jelas Dandim.

Lanjut Dandim Arfan, karena situasi cuaca masih belum menentu pihaknya akan terus mengerahkan pasukannya untuk membantu warga dengan semaksimal mungkin.

“Kita lihat cuaca masih belum menentu dan pengungsi masih bisa bertambah. Sehingga kita akan terus kerahkan anggota untuk selalu membantu masyarakat yang terdampak banjir,” pungkasnya. (Rus)

Related posts

Tradisi Unik Jawa Tengah, Mulai upacara adat, kehidupan setiap hari, dan perayaan

Dedi Ariko

Gelar Budaya, Bawaslu Sosialisasi Persiapan Pilkada Kota Pekalongan

Widodo

HDKD ke-74, Pegawai Lapas Gelar Baksos di Panti Asuhan

Widodo

Cara Unik dan Menarik SMK NU Kajen Peringati Maulid Nabi

Widodo

Kerajinan Gerabah Desa Tegowanuh, Miliki Potensi Bisnis Menjanjikan

Widodo

Kurangi Kenakalan Remaja, 35 Siswa Wisuda Tahfidz

Widodo

Leave a Comment