wisata

4 Desa Pariwisata Jawa Tengah yang Seru dan Sayang untuk Dilewatkan

4 Desa Pariwisata Jawa Tengah yang Seru dan Sayang untuk Dilewatkan

Saat ini Jawa Tengah merupakan provinsi yang giat mengembangkan desa wisata. Pada bulan Juli 2018, diselenggarakan sebuah festival yang diikuti oleh 35 desa di Jawa Tengah. Hal ini membuktikan kalau provinsi ini mulai serius dengan konsep desa wisatanya. Konsep desa wisata sendiri tergolong cukup unik dan berbeda. Selain itu, konsep ini pun diharapkan mampu mendongkrak sektor pariwisata Jawa Tengah menjadi lebih baik.

Rekomendasi Desa Pariwisata Jawa Tengah yang Seru

Di Jawa Tengah pun kini telah hadir beberapa desa wisata yang dapat kita kunjungi. Tempat tersebut cocok sebagai destinasi liburan keluarga tercinta. Selain itu cocok juga untuk dikunjungi bersama kerabat dan teman-teman. Setidaknya ada 4 yang direkomendasikan bagi wisatawan. Keempat tempat tersebut bahkan telah siap untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

4 Desa Wisata Terbaik di Jawa Tengah

Desa Pariwisata Lerep #1

Desa Lerep Ungaran Semarang – Photo: Pintu Wisata

Tempat pertama ini terletak di kawasan Kecamatan Unggaran Barat, Semarang, Jawa Tengah. Desa wisata ini jaraknya cukup dekat dengan Kabupaten Ungaran. Dari pusat Kota Semarang hanya membutuhkan 40 menit saja ke tempat tersebut.

Wisatawan yang berkunjung bisa belajar dan merasakan bagaimana memproses susu murni. Kemudian susu murni tersebut diolah menjadi beragam olahan pangan. Selain itu, pengunjung pun bisa memproses sendiri kopi, buah-buahan, dan berbagai agro wisata lainnya.

Desa Pariwisata Candirejo #2

Desa Candirejo – Photo: WAHW

Desa Candirejo terletak di Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Dari Candi Borobudur, tempat wisata ini hanya sekitar 3 kilometer saja. Jadi, untuk Anda yang sedang berada di Candi Borobudur bisa singgah ke tempat ini. Untuk Anda yang berkunjung ke Borobudur. Tempat ini juga bisa Anda jadikan sebagai tempat alternatif untuk menginap.

Di desa Candirejo, wisatawan akan menemukan banyak hal yang menarik. Seperti melihat tradisi Jawa kuno, mempelajari sejarah Jawa, mengunjungi situs bersejarah dan lainnya. Tradisi Jawa Kuno yang bisa Anda lihat pun cukup beragam. Seperti nyadran, jathilan dan kubrosiswo.

Desa Pariwisata Dieng Kulon #3

Dieng Kulon

Dieng Kulon adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Desa ini sudah dikenal oleh wisatawan lokal maupun asing. Dieng Kulon juga merupakan tempat perhelatan Dieng Culture Festival (DFC) diselenggarakan. DFC adalah perhelatan yang selalu mengundang banyak penonton yang datang.

Seiring dengan berjalannya waktu, fasilitas desa ini kian berkembang. Hal ini dapat terlihat dari bangunan yang telah difasilitasi untuk menampung ledakan wisatawan setiap tahunnya. Untuk memfasilitasi pengunjung yang datang menonton DFC. Kini telah berdiri cukup banyak rumah makan, warung-warung hingga homestay untuk ditempati. Photo: Tribun Jateng

Desa Pariwisata Kandri #4

Desa Kandri – Photo: Kelurahan Kandri

Desa wisata ini terletak di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang, Jawa tengah. Desa wisata ini menjadi pemenang event Festival Desa Wisata Jawa Tengah pada tahun 2018. Di tempat ini terdapat beberapa destinasi wisata unggulan seperti Waduk Jatibarang, Goa Kreo dan lainnya.

Pengunjung dapat menikmati agro wisata yang seru di Desa Kandri. Wisatawan bisa mengambil paket wisata agro yang cukup lengkap. Diantaranya seperti panen padi, singkong, pare, jambu kristal dan lainnya. Jika Anda berkunjung, jangan lupa untuk mencoba kuliner khas daerah dari buah dan sayuran. Itulah destinasi pariwisata Jawa Tengah dengan konsep wisata desa yang unik. Konsep wisata seperti ini, memiliki beragam keunggulan dibandingkan dengan konsep yang biasa. Kita bisa mengenal ragam budaya daerah yang tidak didapatkan di tempat lainnya.

Baca juga: tempat wisata di Batang

Related posts

Wisata Untuk Menikmati Sunrise di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Dedi Ariko

Old City 3D Trick Art Museum Semarang, Masa Lalu Yang Kekinian

Dedi Ariko

Selamatkan Pantai Pekalongan, Aksi Penanaman Mangrove Digalakkan

Hadi Lempe

Sejarah Tersembunyi Gunung Kidul Jawa Tengah

Dedi Ariko

Curug Gondoriyo, Misterius Yang Banyak Diburu

Dedi Ariko

Wajib Dikunjungi, Pesona Tersembuyi Keindahan Pantai Menganti di Kebumen

Dedi Ariko

Leave a Comment