Berita Hobby Sastra

Dinarpus Kota Pekalongan Mengembangkan Kegiatan Literasi Bagi Pelajar dan Masyarakat

Kota Pekalongan, GC – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pekalongan pada Tahun 2019 telah merencanakan untuk mengembangkan kegiatan bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat.

Kepala Dinarpus Kota Pekalongan Erli Nufiati, SE saat ditemui Garuda Citizen mengatakan, “pengembangan kegiatan literasi yang telah di siapkan untuk dilaksanakan pada Tahun 2019 pada dasarnya ada 2 jenis, yaitu kegiatan yang bersifat rutin dan kegiatan yang bersifat baru”.

Kegiatan rutin antara lain, penyelenggaraan Pameran Buku, Kegiatan Ayo Membaca, Jambore Perpustakaan, Lomba Penulisan Artikel bagi siswa SMA, Lomba Penulisan Sinopsis bagi pelajar SMP dan Lomba Bercerita bagi siswa SD, dll. Sedangkan kegiatan yang bersifat baru, yang akan di laksanakan pada tahun 2019 yaitu : penyelenggaraan beberapa kegiatan ketrampilan, yang dilaksanakan setiap hari Sabtu sepanjang tahun di Perpustakaan Daerah Kota Pekalongan sebanyak 40 kali.

Adapun kegiatan ketrampilan tersebut antara lain : Pelatihan Bahasa Jepang, Design Grafis, Beauty Class, Hantaran Lamaran Pengantin, Public Speaking dan Marketing Online. Satu kegiatan ada yang dilaksanakan 5 kali pertemuan, ada yang 3 kali pertemuan, dan lain sebagainya, sesuai dengan kebutuhannya.

Selain itu dalam rangka meningkatkan kegiatan literasi bagi masyarakat yang ada di kelurahan, Dinarpus Kota Pekalongan juga telah merencanakan untuk menyelenggarakan beberapa kegiatan yang lokasi penyelenggaraannya di perpustakaan kelurahan. Rencananya, kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di perpustakaan kelurahan antara lain : Parenting bagi ibu2 rumah tangga, Lomba Bercerita Bergambar bagi anak-anak, lomba Bahasa Jawa dan Lomba Dialek Pekalonganan.

Dalam kegiatan parenting, peserta akan diberikan pengetahuan antara lain : pengetahuan cara mendidik anak yang baik, memberi makanan yang baik (nourishing), memberikan petunjuk pada anak atas perbuatan yang baik (guiding) dan bagaimana cara orang tua melindungi anak dalam proses tumbuh kembangnya (protecting).

Alasan kami untuk menyelenggarakan beberapa event di perpustakaan kelurahan agar perpustakaan kelurahan dapat “hidup kembali” setelah beberapa tahun sempat vacuum. Penetapan lokasi kelurahannya, akan kami tentukan kemudian.

Harapan kami, “dengan diselenggarakannya beberapa kegiatan yang telah kami rencanakan tersebut kami berharap, minat baca dan kegiatan literasi di Kota Pekalongan semakin hari semakin meningkat”. pungkasnya. (Widodo)

Sumber : Dinarpus Kota Pekalongan

Related posts

Ketidakadilan Pembagian Honor Guru Sekolah Minggu Buddha Membuat Kecemburuan Sosial.

Hadi Lempe

Warga Bandengan Giat Kerja Bhakti Bersih Lingkungan

Widodo

Sambut Hari Bhakti Pemasyarakatan, Petugas Pemasyarakatan se-eks Karesidenan Pekalongan Donor Darah

Hadi Lempe

Pawai Pajang Jimat 2018 Berlangsung Meriah

Hadi Lempe

Perkokoh Silaturahmi, Jajaran Danrem 071/Wk Lakukan Bersepeda Bersama

Hadi Lempe

Humanis, Babinsa Berikan Pelajaran Tematik Pada Pelajar MII

Widodo

Leave a Comment