Kepala Dinkes Kota Pekalongan
Kesehatan

Dinas Kesehatan, 3590 Tenaga Kesehatan Bakal Disuntik Vaksin Tahap Pertama

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Sebanyak 3.590 tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19 di wilayah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, bakal mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 gratis pada pelaksanaan vaksinasi tahap pertama ini. Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan,Dr Slamet Budiyanto,SKM,MKes saat ditemui di ruang kerjanya,Senin(11/1/2021).

“Data tersebut bersifat dinamis artinya masih bisa bertambah seiring berjalannya waktu dan kami terus berkoordinasi dengan pihak rumah sakit dan fasilitas kesehatan (faskes) lainnya untuk mendata seluruh tenaga kesehatannya yang belum terdaftar ke aplikasi yang disediakan Kementerian Kesehatan untuk menerima vaksin,” ucapnya.

Menurut Budiyanto, pada pendistribusian vaksin Covid-19 tahap awal diprioritaskan program vaksinasi menyasar kepada tenaga kesehatan. Oleh karena itu, Dinkes Kota Pekalongan telah menyiapkan jumlah tenaga kesehatan yang bakal divaksinasi, termasuk sarana dan prasarana dan faskes yang akan ikut melayani program vaksinasi tersebut. Disinggung mengenai total dosis vaksin yang diterima Kota Pekalongan dan rencana pelaksanaan vaksinasi, pihaknya menegaskan masih menunggu instruksi dari Kementerian Kesehatan terkait launching awal vaksinasi.

Disamping itu, pihaknya menekankan agar faskes yang nantinya ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi nantinya dapat menyiapkan tempat khusus yang terpisah dari pelayanan kesehatan rutin yang sudah ada.

“Kami sudah menunjuk 14 puskesmas dan 2 klinik kesehatan milik PMI dan Polri, semua rumah sakit kecuali RS Bhakti Waluyo sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi. Kami juga sudah melatih SDM nya yang dipersiapkan sebagai tenaga vaksinator di masing-masing puskesmas dan klinik kesehatan tersebut. Di masing-masing faskes tersebut sudah kami minta untuk menyiapkan cold chain vaksin. Untuk vaksin sendiri sampai saat ini belum kami terima, kami masih menunggu instruksi dari pusat terkait launching awal proses vaksinasi tahap awal,” terangnya.

Sementara itu, Walikota Pekalongan,HM Saelany Machfudz,SE menegaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini menjadi perhatian khusus di tengah masyarakat.

“Kami berpesan bahwa dalam pelaksanaan vaksinasi nantinya bisa berjalan lancar,jangan sampai salah langkah dan harus sesuai protap dan aturan kebijakan dari pemerintah pusat maupun provinsi,” tandasnya. (HL)

Related posts

RSUD Bendan Siaga Untuk Melayani Vaksinasi Covid-19

Hadi Lempe

Perketat Prokes, Kelurahan Bendan Kergon Lakukan Operasi Masker

Hadi Lempe

PPKM Gencar Diberlakukan, Operasi Yustisi Secara Intensif

Hadi Lempe

Tim Kesehatan Pemkot Pekalongan,Jadwalkan Vaksinasi Akan di laksanakan Februari Mendatang

Hadi Lempe

RSUD Bendan Siapkan Ruang Persalinan Khusus Untuk Ibu Hamil Terkonfirmasi Positif Covid-19

Hadi Lempe

Pemkot Apresiasi Kinerja Tenaga Kesehatan dalam Pembangunan Kesehatan Masyarakat

Hadi Lempe

Leave a Comment