Dindukcapil Kota Pekalongan
Ragam

Dindukcapil Musnahkan 446 KTP-el Rusak

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Pekalongan memusnahkan 446 KTP-el rusak atau invalid di Halaman Dinas setempat, Senin (10/5/2020). KTP-el yang dimusnahkan dengan cara dibakar ini rinciannya, 258 KTP-el Kota Peklaongan yang invalid, 173 KTP-el luar Kota Pekalongan yang pindah ke Batang, dan 15 KTP non elektronik.

Hal ini diungkapkan Kepala Dindukcapil setempat, Drs Suciono usai memusnahkan KTP-el rusak. “Baru saja kami lakukan pembakaran KTP yang tidak terpakai agar ke depannya tak disalahgunakan. KTP yang dimusnahkan ini baik yang ketika dicetak rusak atau memang rusak dari pemiliknya, atau warga yang pidah, jadi KTP harus kami tarik,” terang Suciono.

Disampaikan Suciono bahwa pembakaran 446 KTP-el rusak ini didampingi Satpol PP, Dinkominfo, dan Bidang Aset BKD Kota Pekalongan. Pelaksanaan pembakaran ini sesuai edaran Dirjen Dukcapil Kemendagri. “KTP yang sudah tak terpakai atau rusak memang harus dimusnahkan. Dindukcapil Kota Pekalongan sendiri melaksanakan pembakaran setiap bulan sekali,” kata Suciono.

Kaitannya dengan surat keterangan (suket) pengganti KTP-el sementara Dindukcapil Kota Pekalongan sudah tak menerbitkan karena blangko sudah tersedia banyak. “Suket juga kami tarik untuk dimusnahkan agar tak disalahgunakan. Tahun ini kami sudah tidak mengeluarkan suket, dulu sebelum blangko dipenuhi ada suket, sekarang sudah tidak boleh,” tandas Suciono.

Lanjut Suciono menjelaskan bahwa membuat KTP-el prosesnya cepat. Termasuk penggantian KTP-el rusak juga cepat, sepanjang tak ada perubahan biodata. “Rusak/hilang kita ganti baru, langsung jadi tidak menunggu lama. Persediaan blangko di Dindukcapil lebih dari cukup. Minggu ini kabid yang bertanggung jawab juga akan ke Jakarta mengambil blanko lagi,”

Jelang Pemilu Desember nanti Dindukcapil galakkan perekaman KTP-el mulai 7 September sampai 23 November 2020. terang Suciono. (HL/Tim)

Related posts

Alumni Pramuka Saka Bahari Halal Bi Halal

Hadi Lempe

Rutan Batang Serahkan Donasi Wakaf Ponpes Al-Ikhsan

Hadi Lempe

Pemenuhan Asupan Gizi Seimbang Kunci Cegah Stunting

Hadi Lempe

Kapolres Pekalongan Kota Dukung Kelompok Tani Tambak Udang

Hadi Lempe

Ngamen dan Buka Puasa Bersama di Masjid Assalam Rest Area KM 360 Batang

Hadi Lempe

Hujan Lebat, Batu Besar Longsor Menimpa Rumah Warga

Widodo

Leave a Comment