Kesehatan

Dinkes Dorong Kelurahan Siaga, Tingkatkan Kapasitas Program Kesehatan.

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan meningkatkan kapasitas petugas promosi kesehatan (Promkes) untuk mendorong Kelurahan Siaga. Kelurahan Siaga yaitu, kelurahan yang penduduknya dapat mengakses dengan mudah pelayanan kesehatan, mengembangkan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Manusia (UKBM) dan melaksanakan surveilans berbasis masyarakat, kedaruratan kesehatan dan penanggulangan bencana.

Kepala Dinkes, Slamet Budiyanto mengatakan bahwa Kelurahan Siaga bukan hanya memudahkan dalam mengakses layanan kesehatan tetapi juga penyehatan lingkungan sehingga masyarakatnya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). ” Kelurahan siaga membutuhkan dukungan dan pembinaan dari puskesmas khususnya oleh petugas promkes,” ucap Budi.

Lebih lanjut Budi, Dinkes Kota Pekalongan juga menyelenggarakan Workshop Kelurahan Siaga di Aula UPT Puskesmas Bendan pada beberapa waktu lalu. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas petugas promkes dalam pengembangan kelurahan siaga, serta menyamakan persepsi petugas promkes dalam pengembangan kelurahan siaga, menumbuhkan inovasi kegiatan dalam pengembangan kelurahan siaga,” lanjut Budi. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Petugas Promkes Puskesmas yang ada di Kota Pekalongan. Workshop membimbing beberapa narasumber antara lain yaitu Kepala UPT Puskesmas Klego, Kepala UPT Puskesmas Pekalongan Selatan, dan PPPKMI Kota Pekalongan. Pungkas Budi.. ( Eka/GC )

Related posts

Pemkot terus galakkan vaksinasi anak usia 6-11 tahun

Hadi Lempe

Dinkes Optimis Target Vaksinasi Lansia Akan Tercapai Di Bulan November

Hadi Lempe

Dinkes Apresiasi Pengabdian Kader Posyandu

Hadi Lempe

Migrant Care Vaksinasi Masyarakat Rentan

Hadi Lempe

TNI-Polri dan Pemkot Bagikan Ratusan Paket Obat dan Vitamin Gratis

Hadi Lempe

Dinkes : Mari Cegah Stunting dengan Protein Hewani

Hadi Lempe

Leave a Comment