Berita

Dinkominfo Mudahkan Pembelajaran di Tengah Pandemi

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Pada awal September 2020 Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan memiliki tiga kegiatan besar yang akan diresmikan Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE yakni Program Pembelajaran Jarak Jauh yang melalui konten audio video para guru untuk ditayangkan di Batik TV dan disiarkan di RKB. Kedua, Dinkominfo telah mengembangkan (custom) zoom meeting yang lebih mudah, efektif, dan murah yang nantinya akan dipakai oleh guru dan peserta didik. Ketiga, penyediaan jaringan internet gratis melalui wifi di empat kecamatan di Kota Pekalongan. Ini memudahkan pembelajaran di tengah pandemic Covid-19.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinkominfo, Yos Rosyidi SIP MSi melalui Kepala Bidang Pengelolaan Infrastruktur Informatika dan Statistik Daerah (PIISD), Mabruri SPd saat ditemui di kantornya, Jumat (28/8/2020). “Tadi kami sudah mulai sosialisasi dan praktik bersama guru dan peserta didik kaitannya dengan aplikasi vidcon di SMPN 7 Kota Pekalongan, Jumat (28/8/2020). Dengan guru sudah kami sosialisasikan sebelumnya, tadi langsung praktik dengan para peserta didik juga. Ini akan disimulasikan pada saat launching oleh walikota bulan September,” terang Mabruri.

Terkait dengan penyediaan jaringan internet di kantor kecamatan se-Kota Pekalongan, tentunya dapat dimanfaatkan oleh peserta didik, orang tua, maupun guru yang mengalami kesulitan pembelian paket internet. “Kami sudah menyediakan infrastruktur jaringan dan bandwidth nya namun untuk kelengkapan pendukung seperti meja-kursi atau karpet disediakan oleh kecamatan masing-masing. Saat ini kami tengah focus menyiapkan segala sesuatunya di Kecamatan Pekalongan Timur karena nantinya lokasi yang akan dikunjungi oleh Walikota di situ sedangkan kecamatan lainnya masih proses persiapan,” papar Mabruri.

Demi optimalnya fungsi layanan internet gratis bagi pelajar di kantor kecamatan tersebut, kami juga akan mengatur sistem jaringan dan akses internet agar tidak mengganggu operasional kantor. Selain itu, perlu kiranya diatur jumlah pengunjung atau pengguna layanan internet maksimal antara 10-12 orang. Layanan direncanakan selama jam kantor dan agar lebih maksimal lagi sebaiknya dibatasi jadwal pagi, siang, atau sore hari. (Aina/tim)

Related posts

LSM Penjara Indonesia : Desak Polri Dan ESDM Oprasi Tambang Yang Nakal.

Hadi Lempe

Hadiri RAT KONI, Saelany Siapkan Anggaran Rp 2,5 miliar Untuk Perbaikan Sarpras Olahraga

Widodo

Penguatan wawasan kebangsaan sebagai strategi dalam penguatan ketahanan nasional

Hadi Lempe

Koramil Bojong Bantu Rehab RTLH Buruh Tani

Widodo

Musypimwil Muhammadiyah jateng 2019 Digelar di Kota Pekalongan

Hadi Lempe

RKPD Tahun 2020, Pemkot Terus Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Penguatan Usaha

Widodo

Leave a Comment