DLH Kota Pekalongan
Ragam

DLH Peroleh Sertifikat Lab Telah Terakreditasi ISO/IEC 17025:2017

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Dinas Likungan Hidup melalui Laboratorium Lingkungan Hidup setempat memperoleh Akreditasi sebagai Laboratorium Penguji yang menerapkan secara konsisten ISO/IEC 17025 : 2017 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Penyerahan simbolis sertifikat akreditasi oleh Walikota Pekalongan, Ha Afzan Arslan Djunaid kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan, Joko Purnomo di sela kegiatan Soft Launching Elektronik Retribusi Sampah Ing Pekalongan (e-Resik). dalam rangka Hari Jadi ke-117 Kota Pekalongan Tahun 2023, berlangsung di Ruang Jlamprang Setda Kota Pekalongan, Senin (3/4/2023).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan, Joko Purnomo menyampaikan bahwa, perolehan akreditasi laboratorium tersebut untuk bidang fisika kimia dengan barang uji air limbah atau air permukaan atau air sungai. Dalam meng-update akreditasi ISO 17025 tidak semudah yang dibayangkan. Untuk laboratorium yang sebelumnya sudah mendapatkan akreditasi perlu mempersiapkan banyak hal dengan adanya beberapa perubahan pada standar terbaru mulai dari istilah baru, penambahan klausul ataupun tambahan dan pengurangan persyaratan yang ada di dalam ISO/IEC 17025 paling baru.

“Laboratorium DLH sudah terakreditasi, sehingga untuk mewakili persoalan-persoalan yang ada di pengadilan, laboratorium kami sudah menjadi laboratorium yang kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan di pengadilan,” ucapnya.

Lanjunya, ISO/IEC 17025:2017 merupakan standar mutu sebagai persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi. Adapun hal yang perlu dipenuhi sebagai laboratorium pengujian baik persyaratan manajemen dan teknis.

“Diharapkan melalui Akreditasi SNI ISO/IEC 17025 ini, peran Laboratorium Lingkungan DLH Kota Pekalongan sebagai pendukung tugas pemerintah dalam pengelolaan lingkungan hidup termasuk menyediakan data lingkungan yang valid di Kota Pekalongan akan semakin meningkat,” pungkasnya. (Dian/Gc).

Related posts

Keanehan Alokasi Dana BLUD Untuk Pengadaan Obat RS Swasta

Hadi Lempe

Benahi Sektor Wisata, Pemkot Latih Pemandu Wisata

Hadi Lempe

Canangkan ZI, Anggota Satpol PP Harus Tangguh, Humanis, dan Melayani

Hadi Lempe

Bakti Sosial, Polsek Donorojo Polres Jepara Polda Jateng Bagikan Sembako Untuk Warga

Hadi Lempe

Kecamatan Pekalongan Barat ; Guna Mencegah Covid-19, Layani Lewat Jendela

Hadi Lempe

Awal Tahun 2024, Walikota Pekalongan Lantik 23 Pejabat JPT, Administrator, dan Pengawas

Hadi Lempe

Leave a Comment