Ragam

Gudep Rutan Batang Adakan Pelatihan Pramuka, Ini Harapan Kepala Rutan

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) Rutan Batang mendapat pelatihan kepramukaan perdana dari Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Batang, Kamis (29/7/2021) diaula serbaguna Rutan Batang. Pelatihan tersebut dilaksanakan melalui teleconference mengingat masih pandemi covid-19. Abdul Ghofur, Pembina Kwarran memberikan materi tentang sejarah gerakan kepramukaan di Indonesia. Sejarah Pramuka di Indonesia dikenal dengan tiga masa Pramuka Yaitu Gerakan Pramuka pada Masa Penjajahan Belanda, Gerakan Pramuka pada Masa Penjajagan Jepang dan Gerakan Indonesia setelah Indonesia Merdeka. Pertama, Gerakan pramuka pada massa penjajahan belanda di Indonesia bernama Nederland Indische Padvinders Vereeniging atau NIPV atau dalam Bahasa Indonesia dikenal Persatuan Pandu-pandu Hindia Belanda. Setelah sumpah pemuda kegiatan pramuka semakin digemari sehingga terbentuknya Pandu Pemuda Sumatera pada tahun 1930 dan pada tahun 1931 berdirinya Persatuan Antar Pandu Indonesia.

Kemudian tahun 1936 berubah menjadi Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia (BPPKI). BPPKI melakukan kegiatan PERKINO (Perkemahan Kepanduan Indonesia Oemoem). Perkemahan inilah yang menjadi cikal bakal pelaksanaan kegiatan Jambore hingga sekarang.

Abdul Ghofur menambahkan sejarah pandu didunia pada tanggal 30 Juli 1920 hingga tanggal 8 Agustus 1920, sejumlah 800 orang partisipan Pramuka melakukan jambore dunia yang pertama yang berlokasi di Olympis Hall, London. Jambore ini diikuti oleh sekitar 34 negara dan dalam acara tersebut, Baden Powell atas segala usahanya kemudian dinobatkan sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World).

Selain menjelaskan sejarah kepramukaan, pemateri juga menyampaikan materi dasar-dasar kepramukaan. Menurut Abdul Ghofur, Gerakan Pramuka berlandaskan prinsip-prinsip dasar Iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam, Peduli terhadap dirinya pribadi dan Taat kepada Kode Kehormatan Pramuka.

Meskipun pelatihan dilaksanakan secara daring, antusias dari kakak-kakak pramuka WBP Rutan Batang. Mereka mendengarkan dengan penuh seksama sampai selesai.

Sebelumnya, Gugus Depan (Gudep) Pangkalan Rutan Batang untuk masa bakti 2021-2023 resmi di kukuhkan pada Senin (12/4/2021) oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Batang DR. Retno Dwi Irianto di aula serbaguna Rutan Batang. Gudep yang diresmikan meliputi Gudep Putra dengan nomer gudep 11-195 dan gudep putri dengan nomor gudep 11-196.

“Diharapkan dengan adanya gerakan pramuka di Rutan Batang semakin mengokohkan program pembinaan kepribadian bagi warga binaan. Pramuka merupakan bagian dari pembinaan kepribadian” terang Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana.(HL/Dyfa)

Related posts

74 Kader Banser Ikuti Diklat Sardu

Hadi Lempe

Ciptakan Kondusivitas Jelang Pilkada, Pemkot Komunikasikan Ormas

Hadi Lempe

HUT RI ke-74, Ratusan ASN Poco-Poco dan Periksa Kesehatan Gratis

Widodo

Mulai Senin 7 September Urus IUMK Harus Online

Hadi Lempe

Pandemi Covid-19, Kesbangpol Tetap Capai Target

Hadi Lempe

2 Anak TNI Kodim Pekalongan Ukir Prestasi Kejuaraan Taekwondo

Widodo

Leave a Comment