Press "Enter" to skip to content

Hari Kartini, 13 Warga Binaan Ikuti Pelatihan Merapikan Tempat Tidur

Pekalongan, GC – Dalam rangka memperingati Hari Kartini sebanyak 13 Warga Binaan perempuan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Kota Pekalongan mengikuti pelatihan merapikan tempat tidur yang berlangsung di Aula Rutan setempat, Senin (22/4/2019).

Pelatihan tersebut merupakan CSR dari Hotel Dafam yang peduli terhadap masyarakat khususnya Warga Binaan Rutan Kelas II A Kota Pekalongan.

Kepala Rutan Kelas II A Kota Pekalongan, Anggit Yongki Setiawan, mengatakan bahwa warga binaan yang mengikuti pelatihan tersebut terlihat sangat antusias.

“Kalau kita lihat respon dari warga binaan sangat senang sekali dilihat dari wajah mereka sangat ceria, apalagi mereka dikunjungi dari luar, karena mereka jarang bersosialisasi dengan dunia luar, dan terbatas dengan keluarga, ”ucap Anggit.

Disampaikan Anggit, selain acara tersebut sebagai ajang silaturahmi, pelatihan ini dalam rangka menyongsong Hari Kartini sehingga pelatihan yang telah didapat para warga binaan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ketika mereka bebas nanti.

“Kami sangat senang sekali dengan kedatangan dari Hotel Dafam karena disamping silaturahmi, mereka juga memberikan pelatihan terutama kemandirian bagi warga binaan dalam menyongsong Hari Kartini untuk napi-napi wanita berlatih memasang seprei atau menata tempat tidur seperti yang di hotel dan mereka dapat mempraktekkan setelah keluar nanti. Rumah bisa didesain seperti di kamar hotel, ”kata Anggit.

Lebih lanjut, Anggit menyampaikan sangat terbuka sekali kepada pihak manapun yang ingin memberikan pelatihan atau kegiatan positif lainnya kepada warga binaan agar mereka mendapat bekal khususnya keterampilan untuk persiapan kembali ke masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi sekali dan ke depannya bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan lain seperti memasak, merangkai bunga, atau kegiatan yang bersifat positif, kami terbuka lebar baik dari pemerintah maupun swasta. Dengan adanya pelatihan ini, Saya harap warga binaan untuk tertib tidur di kamar, merapikan tempat tidur mereka agar tambah rapi dan tidak berantakan, bisa menempatkan barang sesuai posisinya, ”tutur Anggit

Sementara itu, Public Relation Hotel Dafam, Esti Mulyana menjelaskan pelatihan yang diberikan khusus pada perempuan saat peringatan Hari Kartini ini merupakan kegiatan rutin. Selain di Rutan tahun lalu kegiatan yang sama juga digelar di Rumah Sakit.

“Sebenarnya tujuan kegiatan ini adalah memperingati Hari Kartini di tahun 2019, kami dari tahun-tahun sebelumnya biasanya berkunjung ke rumah sakit bersalin, untuk yang saat ini kami datang ke Rutan. Mereka sebenarnya sama dengan kita hanya dijatuhi hukuman atas kesalahan yang dibuatnya, kita tetap harus dekat dengan mereka agar mereka tetap termotivasi agar lebih baik ke depannya, ”jelas Esti.

Pihaknya menambahkan menata tempat tidur merupakan hal penting dalam berkeluarga, sehingga dengan pelatihan ini diharapkan kedepan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Hari ini kita memberikan ilmu untuk making bed sebenarnya karena mereka seorang perempuan dan seorang ibu jadi ilmu ini sangat perlu dalam menata tempat tidur. Ilmu ini dapat berguna di kemudian hari pada saat mereka keluar dari rutan. Mereka bisa menggunakan ilmu ini dalam rumah tangga. Ke depan kami juga ingin melakukan kegiatan positif lain seperti membuat pastry atau pelatihan memasak. Harapannya, kami dapat mensupport acara-acara seperti ini lagi karena tidak ada orang yang tidak baik di dunia ini, pada saat mereka melakukan kesalahan, hal itu bisa dijadikan pembelajaran mereka agar lebih baik lagi,” papar Esti. (GC.Tim)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Web Development by GARUDA.WEBSITE
Garuda Citizen Jateng adalah portal berita online dibawah badan hukum PT. Garuda Citizen. Memuat berbagai konten, seperti: berita politik, hukum, HAM, budaya, tradisi serta peristiwa menarik dan penting.