Hari Pahlawan, Pemuda Lintas Agama Gelar Kirab Merah Putih
Sosial Budaya

Hari Pahlawan, Pemuda Lintas Agama Gelar Kirab Merah Putih

Kabupaten Pekalongan, GarudaJateng – Para Pemuda dari lintas agama di Kabupaten Pekalongan. Mengadakan Kirab Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

Longmarch dari SMK NU Kajen sampai Taman Makam Pahlawan Nasional Bhakti Wiratama Kabupaten Pekalongan. Minggu (10/11/2019).

Acara ini dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan yang dipelopori oleh para pemuda. Peringatan hari pahlawan dengan konsep seperti ini terbilang unik, karena melibatkan semua kalangan pemuda. Baik dari TNI, POLRI, Seniman, Anak Jalanan, Pelajar, Mahasiswa dan lain sebagainya.

Kegiatan ini sudah dua kali diadakan, perbedaan dengan acara tahun ini ada pentas seninya. Acara ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antar umat beragama dan pemuda sebagai generasi penerus bangsa.

Muhammad Zuhri selaku Ketua pelaksana mengatakan. “Kami membuat acara semacam ini agar pemuda tau makna kata-kata NKRI HARGA MATI yang sesungguhnya. Tidak hanya menjadi slogan belaka,” ujarnya.

“Kegiatan ini dibuat oleh para pemuda untuk semua kalangan masyarakat Indonesia. Bukan hanya untuk masyarakat Pekalongan saja,” tambah Zuhri.

Dalam kepanitiaan, pendanaan, konsep acara, hingga pelaksanaan semua dihandle oleh para pemuda. “Untuk pendanaan sendiri, kami patungan dari para pemuda. Alhamdulillah dari jumlah dana yang kita butuhkan sekitar 90 jutaan bisa tercover,” kata Zuhri.

Apri Widodo, salah satu Panitia dari TNI menambahkan. “Pemuda jangan hanya jadi penonton saja. Tidak mungkin kita bisa hidup enak seperti sekarang ini, tanpa perjuangan para pahlawan terdahulu yang sudah memerdekakan NKRI ini,” ujarnya.

“Kami dari TNI dan Polri masuk kedalam kepanitiaan, sifatnya hanya mendampingi saja. Semua dihandle oleh para pemuda. Kami sangat mengapresiasi sekali kegiatan semacam ini,” imbuhnya.

Harapannya, agar kegiatan semacam ini dapat diadakan setiap tahunnya. Di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Kabupaten Pekalongan.

Disamping untuk mempererat hubungan antar umat beragama. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak para pemuda diseluruh Indonesia agar lebih aktif, kreatif dan mau memberikan sumbangsih kepada NKRI dengan keahlian dan kemampuan masing-masing. (Ikhsan, Islamia Ayu)

Related posts

Jalan Sehat Proklamasi dan Gerakan Pungut Sampah Pekalongan Utara

Widodo

Tradisi Unik Jawa Tengah, Mulai upacara adat, kehidupan setiap hari, dan perayaan

Dedi Ariko

Peduli Lingkungan, DKP Ajak Bersih Pantai dan Sebar Benih Ikan

Widodo

Kodim Pekalongan Salurkan Bantuan Renovasi Masjid An Nuur

Widodo

Danlanal Tegal Pimpin Upacara Tabur Bunga di Laut

Widodo

Mensos RI, Risma Tinjau Pengungsi Korban Banjir Di Kota Pekalongan

Hadi Lempe

Leave a Comment