BeritaKesehatan

HTTS, Dinkes Dorong Edukasi Bahaya Merokok Dimulai Dari Keluarga

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) tahun 2023, Dinas Kesehatan kota Pekalongan menggelar aksi kampanye untuk melakukan edukasi kepada masyarakat setempat terkait dengan bahaya rokok, di 4 titik diantaranya kawasan Simpang Lima, ruas jalan Lapangan Sorogenen, Ponolawen dan Alun-alun, Rabu (31/5/2023).

Sebelum melaksanakan aksi kampanye, rombongan diberikan arahan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto. Dikatakan Slamet kegiatan kali ini merupakan sinergi antara Dinas Kesehatan dengan stakeholder terkait diantaranya petugas promosi kesehatan puskesmas, organisasi profesi, forum kesehatan dan lainnya.

Bertajuk “Kami Butuh Makanan Bukan Tembakau”, Slamet menuturkan melalui kampanye yang dilaksanakan secara rutin diharapkan bisa menyadarkan masyarakat perokok untuk mulai berhenti meninggalkan kebiasaan tersebut dan masyarakat yang tidak merokok diajak terus menjaga pola hidup sehat, “Saat ini keprihatinan kita bahwa jumlah perokok ini semakin tahun tidak semakin menurun, justru bertambah dan segmennya semakin memprihatinkan karena umur perokok tidak semakin dewasa namun semakin muda,” katanya.

Menurut Slamet, edukasi untuk menyadarkan bahaya merokok yang paling baik dimulai dari keluarga, dengan melakukan pendekatan antara anggota keluarga, “Kita disini memberikan edukasi secara umum, namun yang paling efektif dimulai dari keluarga, minimal kalau mereka belum bisa berhenti merokok, jangan sampai membuat perokok pasif menjadi terkena dampaknya,” tandasnya. (Aina)

Related posts

Sambangi Rupbasan Pekalongan, Kakanwil: Keterbatasan Sarpras Bukan Halangan

Hadi Lempe

Babinsa Koramil 15/Doro Bantu Warga Buat Jembatan Antar Dukuh

Hadi Lempe

Migrant Care Vaksinasi Masyarakat Rentan

Hadi Lempe

Warga 3 Desa Menggelar Aksi Demo PLTU Batang

Hadi Lempe

Walikota Launching Perumda Tirtayasa Kota Pekalongan

Hadi Lempe

Perketat Prokes, Kelurahan Bendan Kergon Lakukan Operasi Masker

Hadi Lempe

Leave a Comment