Hut Bhayangkara
Nasional

HUT Bhayangkara ke-74, Polres Pekalongan Kota dan Forkopimda Ikuti Upacara Virtual

Kota Pekalongan garudacitizen jateng – Peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang ke-74 tahun 2020 yang tepat jatuh pada 1 Juli tahun 2020 diperingati dengan cara yang berbeda dari tahun sebelumnya, yakni digelar secara virtual. Rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara pun digelar sederhana dengan mempertimbangkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Untuk kegiatan upacara HUT Bhayangkara 1 Juli 2020, Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dari Istana Kepresidenan. Upacara digelar secara virtual dan disiarkan langsung di Mabes Polri dan seluruh Polres se-Indonesia.

Turut hadir dalam upacara Hut Bhayangkara ke-74 secara virtual antara lain Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Egy Adrian Suez,SH,SIK,MH, Wakapolres Pekalongan Kota, Kompol Drs Gangsar Subagyo, Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz,SE, Wakil Walikota Pekalongan,HA Afzan Arslan Djunaid,SE, Ketua DPRD Kota Pekalongan, Hj Balgies Diab,Sag,MM, Dandim 0710/Pekalongan, Letkol Inf. Arfan Johan Wihananto,SIP,MMS, dan Kajari Kota Pekalongan, Zainul Arifin,SH,MH.

Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Egy Adrian Suez,SH,SIK,MH menyampaikan bahwa perayaan HUT Bhayangkara ke-74 tahun ini digelar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi Covid-19 dengan mengedepankan protokol kesehatan. Meskipun di tengah pandemi Covid-19, AKBP Egy menekankan kepada seluruh jajarannya untuk selalu siap untuk bekerja secara profesional dalam menegakkan hukum, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta memperkuat solidaritas dalam bekerjasama dengan masyarakat di bidang kamtibmas.

“Kami berharap di HUT Bhayangkara ke-74 sesuai tema yang diusung tahun ini ‘Kambtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif, semoga kami Polres Pekalongan Kota bisa meningkatkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan, serta dapat memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan Pemerintah Kota Pekalongan, TNI serta masyarakat,” tutur Egy usai mengikuti upacara HUT Bhayangkara ke-74 secara virtual bersama Forkopimda Kota Pekalongan di Mapolresta setempat, Rabu (1/7/2020).

Sejumlah rangkaian kegiatan dilakukan untuk menyemarakkan HUT Bhayangkara, dari kegiatan perlombaan, olahraga, keagamaan, bakti sosial kemasyarakatan antara lain ziarah makam pahlawan, kegiatan bakti sosial, pembagian sembako, santunan hingga layanan SIM gratis.

“Rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara tahun ini baik sebelum dan sesudah perayaan, Polres Pekalongan Kota sendiri telah menyelenggarakan kegiatan perlombaan seperti lomba catur, bongkar pasang tenda pantau, kegiatan sosial seperti bagi sembako, donor darah, hingga ziarah makam pahlawan dan santunan. Kami berharap ke depan, wilayah Kota Pekalongan yang kita cintai ini semakin aman dan kondusif,” terang AKBP Egy.

Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz,SE dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses atas Peringatan HUT Bhayangkara ke-74 di Kota Pekalongan. Saelany juga menyampaikan terimakasih kepada jajaran kepolisian Polres Pekalongan Kota yang telah membantu pemerintah dalam menjaga situasi ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di Kota Pekalongan. Terlebih, bakti Polri dalam membantu pencegahan Covid-19 dan bencana banjir rob.

“Atas nama Pemerintah Kota Pekalongan, kami mengucapkan selamat dan sukses
mudah-mudahan Polri jaya selalu sepanjang masa, kami juga mengucapkan terimakasih jajaran Polres Pekalongan Kota yang membantu pemerintah menjaga ketertiban, keamanan , sehingga Kota Pekalongan tetap dalam kondusi kondusif, aman, tenang. Bhakti Polri dalam membantu pencegahan Covid-19 juga sangat luar biasa, sehingga Kota Pekalongan saat ini menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah dengan kasus Covid-19 yang relatif kecil,” ujar Saelany.
Sementara itu, Wakil Walikota Pekalongan,HA Afzan Arslan Djunaid,SE menambahkan meskipun digelar secara virtual, peringatan HUT Bhayangkara tahun ini cukup khitmad sekali. Pihaknya mengapresiasi kinerja Polres Pekalongan Kota yang sudah sangat peka terhadap situasi dan kondisi di tengah masyarakat Kota Pekalongan.

“Salah satu rangkaian HUT Bhayangkara di Kota Pekalongan sendiri diisi dengan membagi sembako kepada warga terdampak Covid-19, ini menandakan bahwa Polres Pekalongan Kota sangat peka sekali terhadap situasi dan kondisi masyarakat Kota Pekalongan, kemarin situasi Covid dan banjir banyak warga kesusahan, Alhamdulillah Polres Pekalongan hadir ikut meringankan masyarakat yang dilanda bencana. Semoga ke depan, kinerja Polri semakin bagus, selalu bersinergi dengan Pemkot Pekalongan dan jajaran TNI dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat,” imbuh Aaf, sapaan akrabnya.

Hal serupa diungkapkan, Dandim 0710/Pekalongan, Letkol Inf. Arfan Johan Wihananto,SIP,MMS yang memberikan apresiasi atas sinergi TNI/POLRI dan Pemerintah Daerah yang telah terjalin sangat baik selama ini.

“Usia ke- 74 ini bukanlah usia yang muda lagi sebagai organisasi, sehingga dengan usia yang semakin bertambah, kinerja juga semakin produktif, sebagai pengayom masyarakat menjadi bagian dari instansi yang memberikan kenyamanan, keamanan bagi pemerintah dan masyarakat sekitarnya,” tandas Dandim Arfan. HL/Tim)

Related posts

Mekanisme Program PTSL, Program Sertifikat Gratis

Dedi Ariko

Tembus 1 Triliun US Dolar, Indonesia Menjadi Ekonomi Terbaik ke15 Dunia

Dedi Ariko

Kota Pekalongan Satu Pasien Positif Covid-19 Meninggal Dunia, Dimakamkan Sesuai Protap Covid

Hadi Lempe

Lomba Catur Semarakkan Hari Bhayangkara ke-74 Polsek Pekalongan Barat

Hadi Lempe

Keluarga Dari Pasien Covid-19 yang Meninggal Dirapid Test

Hadi Lempe

Setelah Bebas, BTP Bakal Keliling Dunia

Dedi Ariko

Leave a Comment