Press "Enter" to skip to content

Jawa tengah Jatungnya Budaya Jawa. Ada 5 yang patut diketahui

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang terdapat di Indonesia. Provinsi ini berada di tengah pulau Jawa, dengan Semarang sebagai ibu kotanya. Jawa Tengah memiliki luas wilayah sekitar 32.548 km2. Atau 28,94% dari luasnya pulau Jawa.

Jawa Tengah dibentuk menjadi provinsi sejak zaman Hindia Belanda.

Provinsi ini terdiri dari 5 wilayah. Yakni Semarang, Pati, Kedu, Banyumas dan Pekalongan. Yang disebut dengan gewestan. Masing-masing dari gewestan ini terdiri dari 29 Kabupaten. 6 Kota, 545 Kecamatan dan 8.490 Desa/Kelurahan.

Jawa Tengah  dikenal dengan jantungnya budaya Jawa. Sehingga tidak heran jika kita bisa menemukan banyak sekali budaya, yang membuat provinsi ini terlihat lebih menakjubkan. Ada berbagai macam budaya yang dapat dijadikan tambahan wawasan yang menarik untuk anda ketahui.

Bahasa Daerah

Jawa Tengah memiliki bahasa daerahnya sendiri, yakni Bahasa Jawa. bahasa yang penuh dengan unggah-ungguh. Bahasa Jawa memiliki banyak sekali keanekaragaman disetiap wilayahnya. Ini dikarenakan perbedaan dialek untuk setiap daerah yang ada.

Photo: GoodNews From Indonesia

Bahasa Jawa juga memiliki jenis huruf sendiri.

Huruf jawa atau biasa dikenal dengan Honocoroko. Dialek Bahasa Jawa terbagi menjadi dua klasifikasi. Dialek daerah dan dialek sosial. Dialek daerah didasarkan pada wilayah, karakter dan budaya. Dan dialek sosial didasarkan pada status sosial.

Rumah Adat Jawa

Rumah Ada Jawa – Photo: perpustakaan.id

Dijawa tengah sendiri terdapat beberapa jenis rumah adat. Rumah Limasan, Joglo atau Tikelan, Panggangpe, Kampung dan Masjid. Itu merupakan jenis berdasarkan bentuk atap. Namun, umunya rumah tradisional awa Tengah ini memiliki beberapa susunan. Seperti, pintu gerbang, pendopo, pringgitan, dalem, gandhok, dapur dan sebagainya.

Pakaian Adat Jawa

Pakaian adat Jawa untuk wanita. Design kebaya Surakarta. Selain pakaian katun batik, pakaian adat Jateng ini dipadu kemben. Guna menutup bagian dada. Serta kain jarik batih pada bagaian bawah. Desainnya, memiliki corak khas. Dimana masing-masingnya, memiliki filosofi khusus. Karya para ahli dan berdedikasi tinggi lah melahirkan corak batik berfilosofi budaya tinggi. Photo: Alimustafid

Pakaian adat di Provinsi Jawa Tengah dibagi menjadi dua. Yaitu, pakaian bangsawan, dan pakaian rakyat biasa. Pakaian adat jawa tengah yang digunakan untuk pernikahan dinamakan Jangkep untuk pria, dan Kebaya untuk wanita.

Selain pakaian adat tersebut, Jawa Tengah juga memiliki pakaian adat lainnya. yakni, baju batik dan kain jarik yang biasanya digunakan pada saat upacara adat.

Kesenian Jawa Tengah

Seni Tari Jawa

Jawa Tengah juga memiliki beberapa macam kesenian. Photo: Carajuki

  • seni tari, tarian tradisional Jawa Tengah ada dua jenia. Tarian Keraton dan Tarian Rakyat. Contoh Tarian Keraton ada Tari Bedhaya Ketawang. Dan yang termasuk dalam Tarian Rakyat ada Tari Dolalak. Dan masih banyak lagi jenis tari-tarian di provinsi ini.
  • Alat musik Jawa Tengah, Gamelan. Ada Kendang, Boning Barung, Boning Penerus, Saron, Slenthem, Gender, dan masih banyak lagi. Perangkat gamelan memiliki 2 laras. Yakni, laras slendro dan laras pelog.

Dan satu perangkat kedua laras tersebut disebut Gamelan Sepangkon. Selain gamelan, Jawa Tengah juga punya alat musik lainnya. Rebana, Tambur, Calung, Terompet.

  • Kerajinan tradisional, Jawa Tengah juga memiliki berbagai bentuk kerajinan. Seperti, ukiran, batik, meubel, gamelan, gerabah, dan keramik. Dari banyaknya kerajinan yang ada, batik menjadi salah satu seni kerajinan yang popular.

Pusat batik provinsi ini ada di Solo dan Pekalongan. Ada banyak motif yang disediakan. Mulai dari parang, kawung, dan lar atau sawat. Sedangkan untuk seni ukir, anda bisa temukan di kabupaten Jepara.

Tepatnya di desa tahunan, kecamatan tahunan. Sedangkan untuk seni kerajinan yang lainnya bisa anda temukan diberbagai daerah yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Itulah beberapa budaya yang ada di Jawa Tengah. Yang tentunya disetiap daerah memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri.

Baca juga: Tradisi Unik Jateng

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Web Development by GARUDA.WEBSITE.
Garuda Citizen Jateng adalah portal berita online dibawah badan hukum PT. Garuda Citizen. Memuat berbagai konten, seperti: berita politik, hukum, HAM, budaya, tradisi serta peristiwa menarik dan penting.