Berita Nasional Ragam

Jelang HUT RI ke-76, Paskibraka Kota Pekalongan Mulai Jalani Latihan Intensif

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Jelang Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-76, Sebanyak 68 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Pekalongan mulai menjalani latihan di GOR Jetayu Pekalongan, Rabu (4/8/2021).

Kepala Seksi Kepemudaan pada Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dinparbudpora) setempat, Bambang Andi Waluyo, S.Pd., menyampaikan, sebelumnya seleksi paskibraka sudah dilakukan pada bulan Mei lalu. Dari jumlah pendaftar, sebanyak 69 peserta lolos seleksi.

Satu diantaranya mewakili kota Pekalongan sebagai pasukan pengibar bendera pusaka tingkat provinsi Jawa tengah.

Di tengah pandemi, Andi menambahkan bahwa sejak awal seleksi pihaknya mempersiapkan stamina peserta dalam kondisi baik. Bahkan setelah seleksi, pihaknya selalu memantau perkembangan fisik dari para peserta.

“Dalam kegiatan pra latihan kami berikan materi peningkatan fisik terkait stamina, sebagai bahan latihan untuk dilakukan di rumah,”ungkap Andi.

Persiapan paskibraka dilakukan mulai Senin, 2 Agustus 2021. Sembari menunggu keputusan Pemkot terkait teknis pelaksanaan upacara HUT RI ke-76 nantinya. “Latihan kami pusatkan di GOR Jetayu dengan protokol kesehatan ketat,”imbuhnya.

Rangkaian serenada di tahun ini ditiadakan. Mengingat, pelaksanaannya melibatkan ribuan anak sehingga berpotensi terjadinya kerumunan dan penyebaran Covid-19.

Perwakilan Tim Pelatih Paskibraka kota Pekalongan, Ahmad Rifqi menjelaskan bahwa materi yang disampaikan meliputi latihan baris-berbaris, formasi pengibaran bendera, penguatan ideologi Pancasila, sikap nasionalisme, kepemimpinan, dan pengembangan kepeloporan.

“Paskibraka itu berkaitan dengan generasi muda sehingga kami juga menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan Pancasila. Harapannya, dapat membentuk karakter cinta tanah air bagi generasi muda,” kata Rifqi.

Pihaknya juga melibatkan TNI, Polri, Unsur Purna Paskibra Indonesia, Tim Kesehatan Dinkes setempat dalam memberikan pembekalan jelang persiapan HUT RI ke 76. (HL/Dita)

Related posts

Minim Penerangan, Remaja Berpasangan Dibubarkan Polisi

Widodo

Karya Bakti Spektakuler Kodim Pekalongan Rehab RTLH

Widodo

Polresta Pekalongan Beri Pelayanan Kesehatan Gratis pada Para Korban Banjir

Hadi Lempe

PP Temanggung Galang Dana Peduli Lombok

Hadi Lempe

LPPL Diminta Menyampaikan Berita yang Menginspirasi

Hadi Lempe

Tingkatkan Perekonomian Pekalongan, Pemkot Akan Kembali Buka Pekalongan Batik Night Market di Pasar Grosir Setono.

Hadi Lempe

Leave a Comment