Jelang Pengukuhan, 69 Anggota Paskibra Kota Pekalongan Giat Berlatih
Berita Ragam Sosial Budaya Statemen

Jelang Pengukuhan, 69 Anggota Paskibra Kota Pekalongan Giat Berlatih

Sebanyak 69 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Pekalongan yang terdiri dari 45 putra dan 24 putri giat berlatih menjelang pengukuhan.

Kota Pekalongan, garudacitizen.Jateng – Mereka merupakan siswa-siswi terpilih dari beberapa SMA/SMK/MA di Kota Pekalongan yang akan bertugas mengibarkan bendera pada upacara memperingati detik-detik Proklamasi 17 Agustus mendatang. Seperti yang terlihat saat kegiatan gladi bersih persiapan menjelang Upacara HUT RI ke-74 di Lapangan Mataram setempat, Kamis (15/8/2019).

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Drs Bambang Sumitro menjelaskan puluhan anggota Paskibraka tersebut telah melalui proses latihan intensif yang panjang sejak dua minggu lalu. Mereka sangat disiplin berlatih dan hingga saat ini memasuki latihan formasi pengibaran bendera serta persiapan proses pengukuhan yang dijadwalkan pada Jumat malam, (16/8/2019). Adapun yang menjadi pelatih mereka berasal dari unsur Pemkot, TNI-POLRI dan Purna Paskibraka.

“Persiapan sudah dilakukan pemantapan dari 2 minggu lalu mulai dari pengenalan, latian dasar, hingga pembentukan formasi. Selain itu, kami bekali materi maupun praktek baris berbaris, para pelatih juga menggodok mental semua Paskibraka sehingga bisa menjalankan tugas baik ketika upacara nanti,” ungkap Bambang.

Petugas Pasukan Inti Telah Ditentukan

Pada kegiatan gladi bersih tersebut, lanjut Bambang, telah ditentukan secara pasti petugas yang akan bertugas sebagai pasukan inti, seperti pembawa bendera atau pengibar bendera, yang berada di pasukan delapan maupun empat puluh lima.

“Setelah ini akan ada proses pengukuhan paskibraka di Gor Jetayu besok malam dimana setelah dikukuhkan anggota Paskibraka akan dikarantina untuk memantapkan materi mengenai wawasan kebangsaan, bela negara, dan meningkatkan jiwa korsa,” papar Bambang.

Sementara itu, Kasi Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol, Mohammad Ainur Rofiq SE MSi menambahkan seorang paskibraka asal Kota Pekalongan berhasil lolos mewakili Kota Pekalongan untuk dikirimkan maju menjadi paskibraka Jawa Tengah 2019.

“Kemarin pada seleksi calon paskibara provinsi (Capasprov) Jawa Tengah 2019, kami mengirimkan enam peserta, kemudian menyisakan dua peserta, namun yang berhasil lolos hingga tahap seleksi akhir di tingkat Jawa Tengah hanya satu orang lolos yaitu bernama Najma Athiya asal SMA Negeri 1 Kota Pekalongan,” imbuh Rofiq. (GC.Tim)

Related posts

“Kumpul Bersama” LPK RI BAI DPW Jateng, Siap Bertugas Bantu Masyarakat

Widodo

√ Tungguk Tembakau, Festival Panen Warisan Nenek Moyang Di Lereng Merbabu

Dedi Ariko

Pelaku Penyiraman Air Keras ke Istri dan Ibu Mertua Akhirnya Ditangkap Polisi

Widodo

Selamat Hari Jadi Kota Pekalongan Ke- 112

Hadi Lempe

Kutuk Aksi Kekerasan Terhadap Jurnalis, Paguyuban Media Laskar Pantura Gelar Aksi Damai

Widodo

Peringati HANI, ASN Kota Pekalongan Deklarasikan Anti Narkoba

Widodo

Leave a Comment