Ragam

Kabupaten Batang Berhasil Raih Opini WTP BPK RI Dua Kali

KAB.BATANG,GC –Pemkab Batang berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ) satu tahun kepemimpinan Bupati Wihaji dan Wakil Bupati Suyono.

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD Tahun Anggaran 2017 secara langsung diserahkan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Tengah, Hery Subowo, Jumat, (25/5) di Kantor RI Perwakilan Jawa Tengah  Semarang. Opini WTP tersebut menjadikan Kabupaten Batang meraih dua kali berturut – turut yaitu 2016 dan 2017.

Kepala Perwakilan BPK RI Jawa Tengah Hery Subowo menyampaikan, bahwa Opini Badan Pemeriksa Keuangan merupakan pernyataan profesional pemeriksa. Mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan berdasarkan pada empat kriteria yakni, kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

“Mekanisme pemeriksaan keuangan dilakukan atas 7 laporan keuangan, yaitu laporan realisasi anggaran, perubahan anggaran lebih, neraca, Laporan operasional, laporan arus kas, perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hery juga memberikan pengarahan kunci sukses keberhasilan pengelolaan anggaran keuangan daerah yaitu kebijakan dan strategi pemeriksaan, komitmen pimpinan entitas, integritas independensi dan profesionallisme pemeriksaan, kerja keras dan tangungjawab pelaksanaan entitas.

Sementara Bupati Batang Wihaji dalam hal ini juga mengatakan, pemeriksaan ini bertujuan supaya pengelolaan keuangan dan aset daerah lebih bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat. Sebab, akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah adalah tugas dan tanggungjawab bersama.

Lebih lanjut Wihaji menegaskan, bahwa Pemerintah daerah harus mampu mengembalikan kepercayaan masyarakat melalui Pemeriksaan Laporan Keuangan oleh BPK RI. Untuk itu, apresiasi dan dukungan disampaikan atas upaya BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah dalam memperbaiki pengelolaan dan tanggungjawab keuangan daerah.

Kemudian Ketua DPRD Kabupaten Batang Imam Teguh Raharjo dalam sambutannya sempat juga menyampaikan, bahwa auditor BPK  bekerja apa adanya, tidak ada rekayasa dan  dalam laporan keuangannya juga sesuai azas kepatutan dalam pembukuan akuntansi.

Adapun penyerahan hasil pemeriksaan LKPD TA 2017 ada enam Kabupaten yang berhasil meraih opini WTP yaitu Batang, Wonogiri, Blora, Pemalang, Kendal. Terangnya. (bg)

Related posts

Kopdar Akbar Asosiasi Laundry Se-Jawa Tengah

Widodo

76 Rumah Warga Lebakbarang Pekalongan Dapat Akses Air Bersih

Widodo

Bayi dalam Kardus Bersama Surat Wasiat Ditemukan Warga

Widodo

Goes to School, Walikota Kunjungi SMK Muhammadiyah Pekalongan

Widodo

Festival Sarung Batik,Di HUT Kota Pekaloangan

Hadi Lempe

Kebakaran Habiskan Satu Rumah

Hadi Lempe

Leave a Comment