HUT TNI Ke-75 Tahun 2020
Ragam

Kali Ini HUT TNI ke-75 Digelar Secara Virtual

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Tentara Nasional Indonesia (TNI) saat ini genap berusia 75 tahun pada 5 Oktober 2020. Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) TNI diperingati secara nasional dan digelar di Istana Negara dengan disiarkan live di YouTube Sekretariat Presiden. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara kali ini terpaksa dilakukan secara virtual karena kondisi pandemi Covid-19. Adapun Tema pada HUT TNI ke-75 tahun ini bertajuk Sinergi Untuk Negeri.

Gelar acara HUT TNI Ke.75, Jajaran Kodim 0710/Pekalongan dipimpin langsung oleh Dandim Letkol CZI Hamonangan Lumbuan Toruan,SIP. Hadir Pemerintah Kota Pekalongan yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kota Pekalongan,Hj Sri Ruminingsih,SE, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Pekalongan, Soesilo,SH, Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Egy Adrian Suez,SH,SIK,MH, perwakilan dari Kajari Kota Pekalongan, Plt Bupati Pekalongan, Kapolres Pekalongan, AKBP Aris Tri Yunarko, S.I.K., M.Si, Sekda Kabupaten Pekalongan, Dra. Hj. Mukaromah Syakoer dan jajaran Forkompimda lainnya turut mengikuti upacara virtual dengan khitmad yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), bertempat di Makodim 0710/Pekalongan, Senin (5/10/2020).

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Sapta Marga. Dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, tampak Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi tiga pimpinan matra TNI, yaitu KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, serta pejabat negara lainnya.

Dalam sambutan pidatonya, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi peran TNI, khususnya di tengah pandemi Covid-19. Menurutya, TNI berperan aktif dalam mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Seluruh dunia, termasuk kita di Indonesia kini berkubang dalam perang melawan Covid-19. Musuh tak kasat mata, pada saat ini telah meresahkan hampir semua tatanan kehidupan. Seluruh elemen masyarakat patut memberikan apresiasi tinggi terhadap kontribusi TNI atas berbagai perannya memerangi Covid-19. TNI membantu mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, ikut menegakkan aturan PSBB di daerah yang menerapkan, juga menjalankan operasi kemanusiaan dalam upaya menghentikan penyebaran virus Covid-19,” tegas Jokowi.

Sementara itu, usai mengikuti upacara virtual, Dandim 0710/Pekalongan, Letkol CZI Hamonangan Lumbuan Toruan,SIP mengungkapkan bahwa meskipun saat ini Indonesia khususnya Kota Pekalongan masih mengalami pandemi Covid-19, namun hal itu bukan berarti mengurangi makna HUT TNI ke-75 yang digelar secara sederhana melalui virtual.

“Dengan adanya peringatan HUT TNI ke-75 ini bisa dijadikan momentum dalam membangkitkan kembali semangat para prajurit TNI Kodim 0710/Pekalongan agar selalu semangat dalam mengemban tugas dan mengayomi masyarakat. Selain itu, ke depan diharapkan sinergitas antara TNI,POLRI, Pemerintah dan masyarakat bisa semakin solid dan mumpuni dalam menjaga keutuhan NKRI,” terang Dandim Hamonangan.

Terpisah, Walikota Pekalongan,HM Saelany Machfudz,SE menyampaikan selamat dan sukses atas Peringatan HUT TNI ke-75. Pihaknya berharap sinergitas antara Pemerintah, TNI dan seluruh lapisan masyarakat bisa terus terjalin dengan baik melalui sinergitas dukungan program-program pembangunan yang rutin digalakkan dalam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

“Kita sebagai warga masyrakat dan pemerintah tidak boleh lepas bersinergi dengan TNI sebagai penjaga keamanan bangsa. Sinergitas yang terjalin sudah banyak sekali mulai dari program pembangunan yang digalakkan lewat TMMD, dimana pemenrintah mendanai dan TNI bergerak membantu bersama rakyat dengan dukungan tenaga dan pikiran dalam proses pembangunan suatu daerah, sehingga sinergitas ini selamanya diperlukan,” tandas Saelany. (HL/Tim)

Related posts

Aneh…Penjual Obat Mercon Aman, Sementara Pembeli Dihukum

Hadi Lempe

Pemkot dan IPeKB Bagikan 100 Paket Sembako dan Masker di Kampung KB Sejahtera PKK

Hadi Lempe

Satgas Saber Pungli Sidak Pelayanan ke Lima Titik

Hadi Lempe

HUT TNI, Masyarakat Antusias Ikuti Jalan Sehat dan Sepeda Santai

Widodo

Damkar dan Bhabinkamtibmas Berhasil Musnahkan Sarang Tawon

Widodo

Masyarakat Kini Dimudahkan Untuk Akses Layanan Hukum Melalui Kelurahan

Hadi Lempe

Leave a Comment