Kampanye Gemarikan, Tingkatkan konsumsi ikan di Kota Pekalongan
Statemen

Kampanye Gemarikan, Tingkatkan konsumsi ikan di Kota Pekalongan

Kota Pekalongan, GarudaJateng – Guna meningkatkan angka konsumsi ikan di wilayah Kota Pekalongan. Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pekalongan bekerja sama Provinsi Jawa Tengah, menggelar acara Kampanye Gemar Makan Ikan (Gemarikan). Bertempat di Gedung Technopark Perikanan setempat, Rabu (6/11/2019).

Acara dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok Pertama, peserta terdiri dari anak-anak usia dini. Yang diberikan edukasi dalam permainan dan pengenalan keanekaragaman masakan ikan di Indonesia.

Kelompok Kedua, peserta terdiri dari anggota PKK Sekota Pekalongan. Yang diberikan seminar mengenai Kampanye Gemarikan. Dalam seminar ini dijelaskan mengenai seberapa pentingnya ikan dalam pertumbuhan anak sejak dini.

Anak-anak diberikan edukasi pengenalan keanekaragaman masakan ikan di Indonesia.

Ikan, selain baik bagi pertumbuhan tubuh juga baik untuk pertumbuhan otak. Karena ikan mengandung omega. Makan ikan juga penting untuk ibu hamil dan anak usia 2 tahun. Karena pada masa itu, pertumbuhan mencapai angka 70 sampai dengan 80%.

Sedangkan pada anak usia 5 tahun, pertumbuhan anak mencapai 90%. Dan 10% lainnya pada usia dewasa. Sehingga untuk mewujudkan generasi emas harus menerapkan gemarikan sejak dini.

Kasi Sarana dan Prasarana pada Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan, Pratiwi Rahayu Soerono, S.Pi mengatakan. Kampanye Gemarikan diadakan setiap tahunnya untuk memperingati hari ikan nasional.

“Saat ini tingkat Konsumsi ikan di wilayah Kota Pekalongan mencapai 31,2% per kapita setiap tahunnya. Angka ini di tingkat nasional sudah masuk 5 besar konsumsi ikan terbanyak. Selain itu acara ini juga bertujuan untuk mengenalkan anak pada aneka ragam masakan ikan, agar tidak bosan,” paparnya.

Gemarikan perlu di tekankan pada ibu hamil dan anak usia dini (minimal usia 2 tahun). Anak akan tumbuh dengan sehat apabila dikenalkan dengan makan ikan yang mengandung tinggi protein. (Islamia Ayu)

Related posts

Mari Tingkatkan Imunitas dengan Konsumsi Jamu

Widodo

Pesan Dandim Pekalongan Pada Acara Halal Bi Halal GP Ansor

Widodo

Kasatlantas Berikan Reward dan Punishment kepada Anggotanya

Widodo

Penataan Sempadan Kali Loji akan Dimulai

Widodo

Dandim Pekalongan Tinjau Progres TMMD Kota Pekalongan

Widodo

Bukber Satpol PP, Pemkot Pekalongan Berikan Tali Asih untuk Pahlawan Demokrasi

Widodo

Leave a Comment