BeritaHukum

Kanwil Kemenkumham Jateng Kenalkan dan Lakukan Uji Coba Aplikasi Siwasno

UNGARAN Garudacitizen Jateng – Inovasi dan digitasilasi terhadap layanan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah terus ditingkatkan.

Terbaru, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah diwakili kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM melaunching Aplikasi Sistem Pengawasan Notaris bertempat di The Wujil Resort & Conventions Ungaran.

Seremonial ketukan palu oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Nur Ichwan menandai launcingnya aplikasi tersebut, Selasa (15/08).

Aplikasi pengawasan notaris sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kepala Bidang Pelayanan Hukum Agustinus Yosi Setyawan untuk memudahkan MPD menindaklanjuti pengaduan masyarakat terhadap Notaris, sehingga semua pihak baik pelapor dan terlapor dapat segera memperoleh kepastian hukum.

“Kami menginisiasi penerapan teknologi informasi yang dapat memudahkan Majelis Pengawas Notaris menindak lanjuti pengaduan Pelapor,” Kata Nur Ichwan.

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Hukum Agustinus Yosi Setyawan menyebutkan Majelis Pengawas Notaris sebagai penyelenggara pembinaan dan pengawasan terhadap Notaris membutuhkan dukungan administrasi yang berbasis teknologi informasi.

Hal ini agar seluruh pengaduan Masyarakat mengenai dugaan pelanggaran pelaksanaan jabatan dan/atau perilaku Notaris dapat ditangani dengan lebih Profesional, Akuntabel dan Transparan.

“Kami berharap Saudara/i sekalian memberikan masukan terhadap aplikasi pengawasan Notaris ini, sehingga sistem yang kami bangun ini dapat menjadi lebih baik di masa mendatang,” Ungkap Yosi.

Secara lebih detil, Yosi kemudian memaparkan fitur-fitur pada aplikasi Siwasno tersebut dan mempraktikkan langsung bersama para peserta kegiatan.

Selain melakukan uji coba aplikasi Siwasno, para peserta yang terdiri dari anggota MPD dan MPW di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Jateng juga dibekali strategi-strategi dalam pengawasan terhadap Notaris di Daerah.

Turut Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Sub Bidang Administrasi Hukum Umum Widya Pratiwi Asmara, Kepala Lapas Kelas IIA Pekalongan Agus Heryanto dan Kepala Bapas Kelas II Klaten Eko Bekti.(Aina/HL)

Related posts

Jelang Batas Pengumpulan, Perolehan Bulan Dana PMI Capai 90%.

Hadi Lempe

Ngeri, Pengedaran Narkoba Dari Orang Dalam Lapas Pekalongan

Hadi Lempe

PWO-IN Jepara Gelar Festival Kuliner 2022, Gandeng UMKM

Hadi Lempe

Babinsa Koramil 15/Doro Bantu Warga Buat Jembatan Antar Dukuh

Hadi Lempe

Kemenkumham Kirim Atlet di Pornas KORPRI ke-XVI

Hadi Lempe

Wali Kota Pekalongan Beri Kesan dan Harapan Saat Pisah Sambut Kapolres Pekalongan Kota

Hadi Lempe

Leave a Comment