kanwil kumham Jateng
HukumRagam

Kanwil Kumham Jateng : Ditjenpas Gelar Pelatihan Khusus Teknis Pemasyarakatan

NUSAKAMBANGAN Garudacitizen Jateng – Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan menggelar Pelatihan Khusus Teknis Pemasyarakatan bertempat di Lapas Kelas IIA Karanganyar, Rabu (04/10).

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Tejo Harwanto menyebutkan Pelatihan ini merupakan wujud dari komitmen Kemenkumham untuk terus meningkatkan kualitas sistem pemasyarakatan khususnya di Jawa Tengah.

“Dengan sistem Pemasyarakatan yang baik akan berkontribusi besar terhadap terciptanya masyarakat yang lebih aman, adil, dan beradab.
Petugas pemasyarakatan memiliki tugas dan tanggungjawab yang kompleks, antara lain pelayanan, pembinaan, pembimbingan, perawatan, pengamanan, dan pengamatan,” Jelasnya.

Dengan kompleksnya tugas dari petugas pemasyarakatan tersebut, mala dibutuhkan SDM yang memiliki kompetensi dan profesionalisme tinggi serta dituntut memiliki integritas dan akuntabilitas.

Terlebih Petugas Pemasyarakatan dituntut harus mampu melakukan sinergitas dengan aparatur penegak hukum lainnya dan masyarakat.

“Oleh sebab itu, penguatan kompetensi dan kapasitas bagi petugas pemasyarakatan untuk mewujudkan manajemen pemasyarakatan lebih baik,” tutur Tejo.

Tejo berharap pelatihan kali ini dapat menumbuhkan kecerdasan dan integritas dari setiap petugas pemasyarakatan. Menurutnya, kedua poin tersebut merupakan hal yang wajib dimiliki seluruh petugas pemasyarakatan.

“Saya berharap saudara sekalian dapat meningkatkan kecerdasan dan integritas dalam pelatihan ini. Karena dengan dua hal itu lah yang akan membawa saudara dapat menjalankan tugas dan fungsi pemasyarakatan secara maksimal,” pungkas Tejo.

Hal Senada juga di sampaikan Kakanwil, Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjen Pemasyarakatan Supriyanto, ia memandang bahwa pengembangan kompetensi petugas menjadi prioritas utama yang harus dilaksanakan.

“Saya berharap dengan adanya pelatihan ini, maka segala potensi petugas pemasyarakatan dapat dikembangkan, dengan kata lain,
agar ketika kembali ke UPT dapat merespon dan paham apa yang harus dilakukan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban yang ada di UPT Pemasyarakatan,” Pungkas Supriyanto.

Sebagai informasi, Pelatihan ini diikuti sebanyak 200 petugas pemasyarakatan dari seluruh Lapas dan Rutan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bagian Program dan Humas Toni Sugiarto, Kepala Bidang Pembinaan, Pembimbingan dan TI Budi Yuliarno, serta seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan di pulau Nusakambangan. ( Sumber Humas Menkumham Jateng/Gc)

Related posts

Vaksinasi Covid-19 Bagi Petugas Pelayanan Publik Dijadwalkan Mulai Pertengahan Februari

Hadi Lempe

173 Orang ASN Masuki Masa Pensiun, Kanwil Kemenkumham Jateng Gelar Pembekalan & Pengenalan Mandiri Taspen

Hadi Lempe

Lindu Aji Organizer, Gelar Pasar Kaget Spektakuler

Hadi Lempe

Sambut Bulan Ramadhan, Pemkot Pekalongan Gelar Pasar Murah

Hadi Lempe

Upacara Bendera, Detik-Detik Proklamasi Berlangsung Khidmat

Hadi Lempe

Tiga Bulan PT. GSP Belum Bayarkan Upah, Puluhan Pekerja Harian Tuntut Penyelesaian Dengan Mogok Kerja.

Hadi Lempe

Leave a Comment