Ragam

Kawasan Taman Wisata Laut Pekalongan Ditargetkan Selesai November Mendatang

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Kawasan Pantai Utara Kota Pekalongan yang sudah melekat dengan kata banjir Rob akan segera berubah menjadi sebuah kawasan yang indah, kawasan yang memiliki daya tarik baru dan menjadi sebuah kebanggan warga Kota Pekalongan. Pasalnya, di kawasan pantai tersebut telah mulai dibangun Kawasan Taman Wisata Laut yang digadang-gadang terbesar di Indonesia. Terwujudnya kawasan taman wisata laut ini didasari atas janji dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono saat berkunjung ke Kota Pekalongan.

Keseriusan Pemerintah Kota Pekalongan bersinergi dengan Pemerintah Pusat dalam mewujudkan kawasan taman wisata laut ini telah dilakukan dalam proses Ground Breaking atau peletakkan batu pertama sejak Senin (1/12/2020). Hal ini sebagai tanda dimulainya proses pengerjaan fisik kawasan wisata laut yang diharapkan menjadi magnet wisata baru bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Kota Pekalongan.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Dinparbudpora) Kota Pekalongan,Sutarno,S.H,M.M menjelaskan bahwa meski banjir melanda Kota Pekalongan sebulan yang lalu,namun pembangunan Kawasan Taman Wisata Laut yang dipusatkan di Obyek Wisata Pantai Pasir Kencana,Kecamatan Pekalongan Utara tersebut tidak terpengaruh dan tetap berlanjut. Pihaknya mengungkapkan bahwa pembangunan wisata air terbesar yang dibiayai sepenuhnya oleh Kemen-PUPR senilai Rp30 Milliar ini diperkirakan akan selesai pada Bulan November 2021 mendatang.

“Untuk obyek nya sendiri aman,hanya akses jalan kesana yang banjir saat itu,yang tentunya ini perlu mendapatkan perhatian dari SKPD terkait seperti peningkatan jalan dan saluran yang ada di DPUPR Kota Pekalongan. Khususnya,di obyek sendiri aman, dan kami di Dinparbudpora hanya menyiapkan lahan,” terangnya.

Menurutnya, berdasarkan informasi rekanan dari Kemen-PUPR, untuk progres pelaksanaan pembangunannya tidak terlambat,saat ini masih mengebut pengerjaan pondasi-pondasi,maupun pengerjaan dasar lainnya untuk bisa segera terselesaikan.

“Kawasan Taman Wisata Laut yang dibangunkan oleh Kemen-PUPR RI ini diharapkan akan menjadi obyek wisata yang representatif, saat ini pembangunannya masih dalam tahap pelaksanaan yang terus dikebut dan diperkirakan akan selesai pada November 2021 mendatang. Setelah pembangunan selesai, maka bangunan tersebut akan dihibahkan dari Kemen-PUPR RI kepada Pemerintah Kota Pekalongan selaku pengelola. Kami berharap, setelah pembangunan Kawasan Taman Wisata Laut ini selesai, Kota Pekalongan akan memiliki obyek wisata yang representatif dan dapat bersaing dengan wisata di daerah lainnya, ”tandasnya.

(HL/Sekar)

Related posts

Walikota Pekalongan Tinjau Pantai, Dan Pendangkalan Muara

Hadi Lempe

GNPK-RI Menyoroti Pembangunan RKB Lantai 2 SDN 3 Podosugih.

Hadi Lempe

Pemkot bersama Forkopimda Kembali Bantu Logistik dan Cek Pompa Air Pabean

Hadi Lempe

Hari ini Minggu, 28 Mei 2023 Halal Bi Halal RAPI Wilayah 12 Kota Pekalongan

Hadi Lempe

Satpol PP Siapkan Aplikasi Simtrantibum Guna Mudahkan Koordinasi

Hadi Lempe

10 Atlet Pekalongan Perkuat Kontingen Jateng di PON XX 2021

Hadi Lempe

Leave a Comment