Ragam

Kepala Dindik,Suroso Inisiatif Trauma Healing

Trauma Anak, Problema Kehidupan Paska Bencana Rob, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, SUROSO Menginisiasi Trauma Healing

Kota Pekalongan GC.Sabtu  (10/8) Berawal dari sebuah rasa iba saat menyaksikan tersisihnya dunia bermain untuk anak-anak di kawasan permukiman banjir rob, karena terdampaknya lahan bermain, berikut fasilitas bermain. Kemirisan berlanjut, pada aspek humaniora psikologi social masyarakat yang memberikan dampak spikis pada anak-anak.
Karena banjir rob yang tiada berkesudahan berakibat tingginya emosional kejenuhan yang tak terukur pada tata kelola perikehidupan masyarakatnya, sehingga perilaku sosial pun terpengaruh karenanya.
Sektor pendidikan membidik, titik kerawanan minat belajar- beredukasi rendah karena factor gangguan psikis anak akibat paska banjir rob.
Hal ini menjadi sangat urgen mengingat titik bahaya kemunduran peradapan generasi dimasa akan datang siap menunggu masyarakat Kota Pekalongan, bila hal ini tidak segera dilakukan upaya-upaya penyelesaiannya.
Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Pekalongan, Suroso, Inisiasi sebuah formula trauma healing dalam upaya meminalisir permasalahan di atas
“ Harus diakui, belum ada formulasi signifikan dalam penanganan korban paska bencana banjir rob, khususnya upaya pemulihan trauma pada anak-anak usia pra sekolah / usia sekolah , yang dilakukan secara serius dan efektif.
Padahal dampak trauma dapat menyebabkan masalah besar kehidupan pasca musibah. Hal ini dapat dimungkinkan, terhambatnya laju pembangunan dimana Berbagai hasil pembangunan ikut menjadi korban sehingga perlu adanya proses membangun ulang “ Jelas Suroso
Anak didik pun harus terpaksa berhenti aktifitas belajar / bermain. Kenyataan seperti ini mengkhawatirkan kegagalan di masa mendatang.
Oleh karennya perlu langkah koordinasi pada titik perhatian ini, karena anak-anak adalah bibit intelektual pembangunan dimasa yang akan datang.
“ Adalah sebuah Solusi dengan metode penanganan berdasarkan kebutuhan korban dan pemulihan tiga aspek penting paska bencana banjir rob, yaitu emosional, intelektual, dan spiritual.
Langkah kinerja trauma healing dirancang untuk menjawab permasalahan penanganan trauma pada korban bencana banjir rob terutama untuk anak-anak.
Di harapkan metoda ini mampu menyembuhkan luka trauma secara permanen dan memulihkan kondisi, serta meningkatkan kualitas hidup korban bencana banjir rob “ Terang nya ( hl/Phy)

Related posts

Komsos Kreatif 2019, Dandim Resmi Buka Lomba Musik dan Tari

Widodo

Pemkot Pekalongan Raih Penghargaan Anugrah Pangripta Abipraya Tahun 2018

Hadi Lempe

Mobil X- Trail Seruduk Tiang Telpon

Hadi Lempe

TMMD Kodim Pekalongan Muluskan Jalan Lolong-Mendolo

Widodo

Kebakaran Hutan Di Kabupaten Pekalongan

Hadi Lempe

HUT TNI ke-74, Kodim Pekalongan Gelar Lomba Lukis Tingkat SLTA

Widodo

Leave a Comment