Kesehatan

Ketua IBI Kota Pekalongan Targetkan 1.100 Bumil Divaksin Mulai Agustus

Kota Pekalongan Garuda Citizen Jateng – Ibu Hamil (bumil) telah menjadi sasaran untuk vaksinasi Covid-19. Bulan Agustus ini sebanyak 1.100 bumil di Kota Pekalongan akan mulai divaksinasi. Pasalnya bumil rentan terpapar Covid-19 dan vaksinasi ini untuk mencegah resiko penularan Covid-19.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Pekalongan, Zaidah saat dikonfirmasi melalui telepon, mengungkapkan bahwa dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) merekomendasikan bumil dan ibu menyusui untuk vaksinasi, sedangkan dari Kementerian Kesehatan baru merekomendasikan bumil. “Vaksinasi bumil ini akan dilaksanakan Agustus ini dan menunggu juknis dari Kemenkes,” terang Zaidah.

Dijelaskan bahwa 1.100 bumil yang terdata menjadi sasaran vaksinasi ini yang usia kehamilannya 14-33 minggu. Diawal kehamilan tidak divaksin karena masih rentan sedangkan kehamilan di atas 33 minggu tengah persiapan untuk kelahiran. “Vaksinasi bumil hanya dilakukan sekali dan jenis vaksinnya berbeda dengan sinovac,” tandas Zaidah.

Zaidah menekankan bahwa bumil disarankan untuk vaksin, selama ini ada 7 kasus kematian ibu bersalin. Dari jumlah tersebut, 4 karena kasus Covid-19 dan 3 bukan. Vaksinasi bumil memberi kekebalan pada ibu juga bayinya. Dalam keadaan hamil seorang bumil kondisi kesehatannya menurun. “Apabila bumil yang terpapar Covid-19 harus mengakhiri kehamilannya. Kondisi ini sangat fatal, vaksinasi ini sebagai bentuk antisipasi,” kata Zaidah.

Zaidah mengatakan, para bidan sudah melakukan koordinasi dan memberikan motivasi bumil untuk vaksin. Zaidah mengimbau agar selama pandemi ini bumil tetap di rumah. Jika ingin periksa carilah tempat yang nyaman dan tidak banyak kerumunan. “Jangan sepelekan protokol kesehatan, selalu kenakan masker, jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi,” pungkas Zaidah. (HL/Dita)

Related posts

TNI-Polri Dan Pemkot Lakukan Operasi Gabungan, Tren Covid-19 Menurun

Hadi Lempe

Dinkominfo dan Polres Sirkel Bersama: Sosialisasikan PPKM Darurat

Hadi Lempe

Ganjar Tinjau RSUD Bendan dan Lokasi Isoman Terpusat Kota Pekalongan

Hadi Lempe

RS Bendan Buka Layanan IGD Non Covid-19, Jangan Takut Berobat Ke RS

Hadi Lempe

PPKM Darurat Dimulai, FPBI Kota Pekalongan Beri Bantuan Obat-obatan Bagi Warga Terdampak.

Hadi Lempe

Pemkot Pekalongan Awasi Ketat Ibu Hamil Pasca Vaksinasi

Hadi Lempe

Leave a Comment