Menggebrak Dunia, Inilah Keunggulan Batik Pekalongan yang Harus Anda Ketahui 2
Sosial Budaya Sosialita

Menggebrak Dunia, Inilah Keunggulan Batik Pekalongan yang Harus Anda Ketahui

Salah satu warisan budaya Indonesia yang mendunia adalah batik. Batik Pekalongan salah satunya. Mencari keunggulan batik Pekalongan pasti tidak akan ada habisnya. Banyak sekali alasan mengapa salah satu jenis batik ini dapat mendunia.

Tidak hanya terkenal di Indonesia saja melainkan hingga luar negeri. Apa saja yang membuat batik Pekalongan dapat mendunia? Apa saja keunggulan dari batik Pekalongan? Berikut ini kita bahas bersama-sama.

Keberanian Warna pada Batik Pekalongan

Warna batik dahulu identik dengan warna-warna gelap, seperti coklat. Akan tetapi berbeda dengan batik Pekalongan. Batik Pekalongan berani dalam memadukan warna-warna yang terang. Selain itu perpaduan warna dalam Batik Pekalongan juga beragam. Tidak hanya memadukan dua warna saja, melainkan banyak warna. Komposisi berbagai warna-warna terang dapat ditemukan dalam satu motif kain batik. Terkadang dapat ditemukan lebih dari 5 komposisi warna dalam satu kain.

Perpaduan berbagai warna inilah yang menjadi daya tarik dan keunggulan batik Pekalongan. Warna-warna yang terang membuat batik Pekalongan cocok digunakan oleh anak kecil hingga orang dewasa. Pandangan  jaman dahulu yang mengaitkan kain batik adalah pakaian orang tua, dapat dihilangkan oleh batik Pekalongan. Warna-warna yang berani  mampu mengikuti perkembangan jaman sehingga menarik minat anak muda untuk memakainya.

Motif Batik Pekalongan yang Unik

Selain warna yang berani, keunggulan batik Pekalongan juga dapat ditemui dalam motifnya. Batik Pekalongan mampu berkreasi dengan berbagai bentuk motif yang menarik. Motif batik Pekalongan identik dengan motif khas daerah pesisir yang ditandai dengan menggunakan motif yang natural seperti binatang atau tumbuhan laut. Motif batik Pekalongan ini juga mendapat pengaruh dari berbagai pendatang. Mulai dari Cina, Jepang, Arab, India hingga Demak yang kental akan naunsa Islam.

Banyaknya pendatang yang singgah di Pekalongan membuat pengrajin batik di Pekalongan mendapat pesanan yang beragam motifnya. Sikap keterbukaan terhadap hal-hal baru inilah yang membuatnya mampu mengikuti perkembangan jaman. Salah satu contohnya saat jaman penjajahan Jepang, pengrajin batik Pekalongan mampu membuat batik seperti kimono yang disebut batik Jawa Hokokai. Batik Pekalongan dapat merubah kekakuan dalam busana batik sehingga terlihat luwes untuk dipakai dalam keseharian atau berbagai acara.

Mudahnya Akses Perdagangan Batik Pekalongan

Keunggulan batik Pekalongan juga ada pada pemasarannya. Hal tersebut dapat terlihat dari sentra perdagangan kain batik yang sangatlah banyak yaitu dapat ditemukan di toko-toko batik setiap penjuru kota Pekalongan. Tidak hanya tokonya saja yang mudah untuk dicari, pengrajin batiknya langsung juga mudah untuk dicari. Pekalongan terkenal mempunyai pengrajin batik yang cukup banyak. Tidak heran apabila kota Pekalongan sering disebut dengan kota batik.

Masih banyak lagi keunggulan batik Pekalongan yang dapat kita gali. Tiga poin di atas hanya beberapa keunggulan utama yang dapat kita temukan pada batik Pekalongan. Salah satu poin utama dari keunggulan batik ini adalah sikap keterbukaannya terhadap hal-hal baru, sehingga dapat mengikut perkembangan jaman. Sikap keberanian dan kreativitas pengrajin batik di Pekalongan juga patut diberi apresiasi.

Pengrajin batik Pekalongan berani memadukan warna yang terang. Pengrajin juga tidak henti-hentinya untuk berkreasi menciptakan motif dan bentuk baru yang tidak monoton. Motif dan bentuk kain batik Pekalongan dapat berkembang dengan pesat tanpa meninggalkan ciri khasnya.

Tidak heran apabila peminat batik Pekalongan semakin hari semakin banyak. Apabila anda tertarik untuk membeli batik Pekalongan anda dapat berkunjung langsung ke Pekalongan dan buktikan keunggulan batik Pekalongan yang mendunia ini.

Baca juga: Wisata Kota Batik Pekalongan

Related posts

Batik Tamakun : Kenalkan Batik Realis, Perkaya Varian Batik di Indonesia

Widodo

Kodim Pekalongan Kenalkan Alutsista TNI Melalui Pekan Raya Kajen

Widodo

Walikota Launching Sentra Kuliner Perikanan

Widodo

Old City 3D Trick Art Museum Semarang, Masa Lalu Yang Kekinian

Dedi Ariko

Tawur Bubur, Ritual Unik Dari Jepara

Dedi Ariko

Pengajian Ramadan Tingkatkan Etos Kerja dan Ketakwaan

Widodo

Leave a Comment