Berita

Kodim 0710/Pekalongan dan Pemkot Buka Lahan Tidur 5 Ha di Kelurahan Degayu

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng — Sebagai upaya meningkatkan produksi pangan, Kodim 0710/Pekalongan bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan telah membuka lahan tidur seluas 5 hektar di Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara. Lahan ini sebelumnya tidak dapat ditanami karena sering terendam air rob selama kurang lebih 10 tahun.

Kasdim 0710/Pekalongan, Mayor Arh Akhmad Thohir, menyampaikan bahwa, proses pembukaan lahan ini dimulai dengan penyemprotan menggunakan drone. Menurutnya, penyemprotan dengan drone dipilih karena lebih cepat dan efisien dalam membasmi rumput liar yang tumbuh di lahan ini.

“Selain itu, metode ini juga dinilai bisa menghemat energi dan biaya,” ujar Kasdim Thohir.

Lebih lanjut Kasdim Thohir berharap, agar lahan yang telah dibuka ini dapat menjadi percontohan bagi para petani, khususnya di Kota Pekalongan.

“Kami berharap, pembukaan lahan ini bisa menjadi model yang bisa ditiru oleh petani lain dalam memanfaatkan lahan tidur yang ada di sekitar mereka,” imbuhnya.Ratusan anggota Kodim 0710/Pekalongan Jalani Tes Kebugaran Jasmani Rockport

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan, Lili Sulistyawati, turut mengapresiasi atas langkah yang diambil oleh Kodim 0710/Pekalongan dalam mendukung peningkatan produksi pangan di Kota Pekalongan.

“Kami sangat berterima kasih kepada jajaran TNI Kodim 0710/Pekalongan atas dukungan mereka. Ini adalah langkah positif dalam mendukung sektor pertanian dan meningkatkan produksi pangan di Kota Pekalongan,” kata Lili.

Lili menjelaskan, pada lahan seluas 5 hektar ini akan digunakan untuk penanaman benih padi Bio Salin yang tahan terhadap salinitas hingga 15 Parts Per Thousand (PPT). Dengan pemilihan benih yang tepat, diharapkan hasil panen dari lahan ini akan optimal meskipun kondisi tanah yang sebelumnya terendam air rob.

“Inisiatif ini menjadi langkah awal yang signifikan dalam mengatasi tantangan pertanian di Kota Pekalongan dan meningkatkan kesejahteraan para petani di daerah ini,”pungkasnya. (Dian/Aina HL).

Related posts

Teras Walikota: Paparkan Rangkaian HUT Kota Pekalongan ke-113

Hadi Lempe

Sambut Hari Bhakti Pemasyarakatan, Petugas Pemasyarakatan se-eks Karesidenan Pekalongan Donor Darah

Hadi Lempe

Jubir Satgas Covid-19 Kota Pekalongan Paparkan Penanganan Corona

Hadi Lempe

Damkar Satpol PP Imbau Masyarakat Untuk Waspadai Potensi Kebakaran

Hadi Lempe

Musypimwil Muhammadiyah jateng 2019 Digelar di Kota Pekalongan

Hadi Lempe

Limbah Hotel Horison Resahkan Warga, Dinas Lingkungan Hidup “Tutup Mata”.

Hadi Lempe

Leave a Comment