Kodim Pekalongan Budidaya Ikan Lele dengan Sistem Bioflok
Hobby

Kodim Pekalongan Budidaya Ikan Lele dengan Sistem Bioflok

Kota Pekalongan, GarudaJatengKodim 0710/Pekalongan, memanfaatkan lahan pekarangan yang sempit dengan menanami tanaman sayuran. Dengan sistem Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL), dan pembudidayaan ikan lele Sistem Bioflok, Rabu (9/10/2019).

Dikatakan Kepala Tata Usaha Urusan Dalam (Kapok TUUD) Kodim 0710/Pekalongan, Peltu Muhtarom. Dipilihnya budidaya ikan lele, menurutnya ikan lele tergolong mudah dibudidayakan.

“Ikan lele berkemampuan bertahan hidup yang sangat tinggi sekalipun dipelihara di air yang kualitasnya buruk sekalipun. Guna meningkatkan kualitas lele, dan hasil produksinya juga meningkat. Maka salah satu teknik terbaru dalam budidaya ikan lele adalah dengan sistem bioflok,” ujarnya.

Sistem bioflok ini merupakan teknik pemeliharaan ikan dengan memaksimalkan jumlah tebar ikan lele pada wadah terbatas. Dimana airnya dikondisikan kaya akan mikroorganisme bermanfaat. Yang akan menguraikan kotoran ikan lele menjadi makanan lagi.

“Kotoran lele akan berubah menjadi gumpalan-gumpalan kecil. Yang mana sebenarnya merupakan perpaduan dari alga, ganggang dan bakteri yang merupakan makanan alami ikan. Sehingga sistem bioflok ini merupakan cara terbaik memelihara ikan lele untuk saat ini. Dimana peternak bisa menghemat pakan hingga 50%,” jelas Muhatarom.

4 Kolam dengan Sistem Bioflok, per kolam nantinya akan diisi 500 ekor benih ikan lele

Saat ini, Peltu Muhtarom sedang membuat 4 Kolam lele dengan sistem bioflok. masing-masing kolam membutuhkan biaya sekitar Rp.750.000. Rencananya, per kolam nanti akan diisi sebanyak 500 ekor benih ikan lele.

Masa panen pada budidaya ikan lele sistem bioflok ini bisa dilakukan lebih cepat. Yakni 15 sampai 20 hari lebih awal daripada pemeliharaan model konvensional. Itu terjadi karena asupan nutrisi ikan lele dalam sistem bioflok senantiasa terpenuhi setiap saat sehingga ukuran tubuhnya lebih cepat berkembang. (rus/red)

Related posts

Pameran Buku Kota Pekalongan Diserbu Pengunjung

Hadi Lempe

Danlanal Tegal Lepas 10 Kontingen Pramuka Saka Bahari ke Nias

Hadi Lempe

Wapress Pekalongan Gelar Musik Reggae “Pasir Kencana Beach Reggae Party 2019”

Hadi Lempe

Dua Atlet Pakistan Ikuti Tournament Tenis Meja Kospin Jasa Open 2019

Hadi Lempe

Masyarakat Tanpa Riba (MTR) Gelar Sosialisasi Dan Edukasi Bersama Pengusaha Pekalongan

Hadi Lempe

Komsos Kreatif 2019, Dandim Resmi Buka Lomba Musik dan Tari

Hadi Lempe

Leave a Comment