Hobby Ragam Sosial Budaya

Komsos Kreatif 2019, Dandim Resmi Buka Lomba Musik dan Tari

Kota Pekalongan, garudacitizen.Jateng – Bertempat di Aula serbaguna makodim Pekalongan, Selasa (20/8/2019). Komandan Kodim 0710/Pekalongan. Letkol Infanteri Arfan Johan Wihananto. Secara resmi membuka perlombaan musik jalanan dan Tari Kreasi. Yang diselenggarakan oleh Kodim 0710 Pekalongan dalam rangka komsos kreatif tahun 2019.

Dalam perlombaan Tari Kreasi Perjuangan. Diikuti oleh pelajar tingkat SLTA dari wilayah Kota maupun Kabupaten Pekalongan. Sebanyak 10 tim sedang lomba musik jalanan diikuti 10 tim juga peserta umum.

Dijelaskan Dandim Arfan. Digelarnya perlombaan seni tersebut selain sebagai program komsos kepada masyarakat khususnya pelaku seni. Juga untuk menggiatkan kembali di masyarakat tentang budaya kesenian yang dimiliki oleh bangsa indonesia. Baik itu kesenian Tari maupun musik jalanan yang sering dipandang sebelah mata oleh sebagian orang.

“Dalam rangka program komsos kreatif ini, kita menyelenggarakan perlombaan kesenian. Diantaranya adalah Tari Kreasi perjuangan dan musik jalanan. Dimana kita ingin para generasi muda ini lebih mencintai budaya bangsa indonesia sebagai warisan nenek moyang kita. Serta musik jalanan ini juga bisa berkembang dan tidak dianggap sebelah mata oleh sebagian orang,” terang Dandim.

Dengan diadakannya kegiatan ini. Dandim berharap akan terjalin hubungan yang lebih dekat lagi dengan masyarakat, khususnya pecinta seni. Dan tentunya bagi pelaku seni itu sendiri juga bisa meningkatkan karya nya sesuai bidang seni masing-masing.

Sementara itu, Bapak Bambang Irianto selaku Ketua Bidang Seni Tari Dewan Kesenian Kota Pekalongan. Dalam sambutannya sangat mengapresiasi dengan kegiatan yang dilaksanakan.

“Saya sangat mengapresiasi dengan kegiatan ini, karena bisa sebagai pembinaan generasi muda akan cinta tradisi dan budaya bangsa kita sendiri,” terangnya.

Pemenang Kategori Lomba seni tari kreasi perjuangan
a). Juara 1 : SMA 1 Kesesi
b). Juara 2 : SMA 1 Kota Pekalongan
c). Juara 3 : SMA 1 Kajen

Pemenang Lomba musik jalanan :
a). Juara 1 : Grup Langen Budoyo dari Kesesi
b). Juara 2 : Grup Dara d’Calung dari Meduri Tirto
c). Juara 3 : Grup Gendon dari Pekalongan Utara. (rus/red)

Related posts

Jlamprang Kultur Meriahkan Syawalan Kota Pekalongan

Widodo

Bambangan Cakil, Tari Khas Jawa Tengah

Dedi Ariko

Bantu Petani, Kodim Pekalongan Siapkan 25 Ha Lahan Demplot Pertanian

Widodo

Gubernur Jateng Hadiri Festival Balon Tambat Java Balloon Festival Pekalongan 2019

Widodo

Julukan Baru Solo, Kota Festival Gamelan Internasional

Dedi Ariko

Tingkatkan Kesejahteraan, Dinsos P2KB Beri Bantuan Peralatan Usaha

Widodo

Leave a Comment