Ragam

Kota Pekalongan Kembali Pertahankan Penghargaan KLA 2021

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Kota Pekalongan berhasil mempertahankan penghargaan Kota Layak Anak (KLA), setelah sempat menerima penghargaan serupa di tahun 2019. Tahun ini, Kota Pekalongan kembali menerima penghargaan KLA 2021 untuk kategori Madya.

Penghargaan KLA 2021 ini diselenggarakan secara virtual melalui Zoom Meeting oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPA) RI dan diikuti oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE, Ketua TP PKK, Hj Inggit Soraya SSn, Ketua II, Hj Istiqomah AMk, Sekretaris Daerah, Sri Ruminingsih SE MSi, Plt Kepala DPMPPA, Soesilo SH, perwakilan Forum Anak, dan OPD #terkait di Ruang Kresna Setda, Kamis (29/7/2021).

Usai menerima penghargaan tersebut, Walikota Aaf mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada jajaran Pemkot Pekalongan dan masyarakat yang telah bahu membahu mewujudkan Kota Pekalongan sebagai Kota Layak Anak.

“Alhamdulilah Kota Pekalongan kembali mendapat penghargaan KLA kategori Madya. Penghargaan ini menjadi penyemangat untuk melakukan perbaikan kekurangan yang ada. Sehingga, target tahun depan naik ke kategori Nindya bisa tercapai,”ungkap Walikota Aaf.

Ketua TP PKK, Inggit mengungkapkan dalam pemenuhan hak anak TP PKK sebagai mitra pemerintah berkolaborasi untuk mewujudkan KLA mulai dari aspek pendidikan, kesehatan, hak asuh, hak perlindungan anak dan kesejahteraan anak.

“Konvensi Hak Anak pun mengamanatkan masyarakat dan keluarga agar menjadi peran utama dalam pengasuhan dan perlindungan anak. Sehingga, PKK berperan mengoptimalkan fungsi keluarga dalam pemenuhan hak-hak anak tersebut,” imbuhnya.

Di pihak lain, Plt Kepala DPMPPA, Soesilo menerangkan, berdasarkan penilaian melalui aplikasi, Kota Pekalongan memperoleh nilai 835,9. Kota Pekalongan terus berkomitmen untuk memenuhi hak dan perlindungan anak dalam mewujudkan Kota Layak Anak dan Indonesia Layak Anak (Idola) tahun 2030.

“Harus ada komitmen bersama dalam melaksanakan program, kebijakan, dan kegiatan yang melibatkan hak anak, mulai proses perencanaan sampai proses evaluasi,”pungkasnya. (HL/Dyfa)

Related posts

HUT RI ke-74, Ratusan ASN Poco-Poco dan Periksa Kesehatan Gratis

Widodo

Vaksinasi Putaran Pertama Capai 74%

Hadi Lempe

Operasi Yustisi Selama 3 Bulan, Satpol PP Tindak 7.634 Pelanggar Prokes

Hadi Lempe

KST Perikanan Pekalongan Jadi Acuan Pemkab Banjar Kembangkan Sektor Perikanan

Hadi Lempe

Perhelatan Sastra Pecah Di Kota Pekalongan

Hadi Lempe

Pasca Lebaran Polsek Pekalongan Barat, Polres Pekalongan Kota tingkatkan patroli Antisipasi Tindak Kejahatan.

Hadi Lempe

Leave a Comment