Satlantas Polres Pekalongan Kota bakal menindak tegas bagi pelanggar atau pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti knalpot brong.
Hukum

Kota Pekalongan Zero Knalpot Brong

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Satlantas Polres Pekalongan Kota bakal menindak tegas bagi pelanggar atau pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti knalpot brong. Hal ini diatur dalam Pasal 285 (1) UU No 22 Tahun 2009 bahwa pelanggaran dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan dan denda paling banyak Rp250 ribu.

Sejak awal tahun 2024 ini Satlantas Polres Pekalongan Kota giat menegur pengendara yang menggunakan knalpot brong, mulai hari Rabu (3/1/2024) mulai dilakukan penilangan bagi pelanggar. Hal ini diungkapkan Kasatlantas Polres Pekalongan Kota, AKP Yuna Ahadiah saat ditemui di Polres Pekalongan Kota.

“Kami melakukan giat-giat untuk mencegah maraknya penggunaan knalpot brong. Kami melakukan tindakan preventif seperti sosialisasi ke bengkel-bengkel kendaraan roda dua dan badan usaha penyedia knalpot,” ucap AKP Yuna.

AKP Yuna mengatakan bahwa dirinya tidak serta merta melakukan penegakan. Sejak awal tahun pihaknya mulai melakukan penilangan dan penindakan pada pengendara motor yang berknalpot brong.

“Sampai hari ini sudah ada tindakan ke 25 kendaraan bermotor yang berknalpot brong. Kami terus berupaya agar di Kota Pekalongan ini tak ada lagi kenalpot brong,” tukas AKP Yuna. (Eka.R/Gc)

Related posts

Satpol PP Tertibkan PK5 Tinggalkan Lapak di Luar Jam Operasional

Hadi Lempe

Satpol P3KP Kota Pekalongan Berhasil Sita 300 Ribu Batang Rokok Ilegal

Hadi Lempe

Tak Sesuai Konstitusi, Pencopotan Fadel Muhammad Dari Wakil Ketua MPR Oleh DPD Cacat Hukum

Hadi Lempe

Sinergitas Satpol PP Kota Pekalongan dan Provinsi Gelar Operasi Pekat

Hadi Lempe

Arus Lalu Lintas Selama Libur Nataru 2024 Masih Kondusif

Hadi Lempe

PT. Abipraya Di Duga Srobot Laham Milik Warga Tanpa Ganti Rugi

Hadi Lempe

Leave a Comment