Hukum

Lapas Wujudkan Pemasyarakatan Bebas HALINAR

Kota Pekalongan, jateng.garudacitizen.com – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Pekalongan berhasil menggagalkan upaya penyelundupan tiga unit ponsel ke dalam lapas setempat. Oleh karena itu, Kepala Lapas Kelas IIA, Agus Heryanto, mengapresiasi kinerja dan kewaspadaan petugas tersebut dengan memberikan penghargaan berupa uang pembinaan dan sertifikat kepada petugas jaga bernama Joaquim Motta. Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan di Halaman Lapas Kelas IIA Kota Pekalongan, Kamis (16/05/2019).

“Saya ucapkan selamat kepada petugas jaga bernama Joaquim Motta dalam upaya menggagalkan penyelundupan handphone ke dalam Lapas. Semoga prestasi yang diraih beliau menginspirasi kita semua dalam menjaga integritas dan komitmen dalam memberantas HALINAR (HP, Pungli, dan Narkoba) dalam Lapas Kelas IIA Kota Pekalongan ini, ”ucap Kalapas Agus.

Dituturkan Agus, penggagalan upaya penyelundupan ponsel itu terjadi kemarin, (15/05/2019) sekiranya pukul 14.00 WIB. Saat itu petugas jaga atas nama Joaqim Motta mengelilingi area lapas, tepat di area brandgang sebelah selatan ditemukan bungkusan berwarna hitam.

“Ukurannya bungkusan tersebut kira-kira 20 x 10 sentimeter, dibungkus lakban putih dan hitam. Setelah itu, bungkusan dibuka dan diperiksa, isi dalam bungkusan tersebut berupa barang-barang larangan seperti Handphone sebanyak 3 buah merk Mito warna merah dan 2 buah merk Nokia masing-masing merah dan putih, Simcard merk indosat 3 buah dan memori card 1 buah, “ucap Kalapas.

Kalapas Agus menambahkan, bungkusan tersebut berasal dari pelemparan dari luar tembok Lapas Pekalongan sebelah utara. “Barang hasil penemuan itu selanjutnya kami inventarisir dan data. Kemudian barang tersebut kami amankan untuk dimusnahkan, ”imbuh Kalapas.

Adapun siapa pelempar bungkusan berisi ponsel dari luar tembok lapas itu, maupun siapa calon penerimanya atau pemesannya, pihak Lapas Pekalongan masih akan melakukan penyelidikan.

Selanjutnya, Kalapas Agus Heryanto menerangkan, pihaknya melaporkan penemuan pelemparan barang terlarang tersebut kepada Kakanwil Kemenkumham Jateng melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan. Sekaligus mengimbau kepada seluruh petugas Lapas Pekalongan untuk meningkatkan kinerja dan untuk terus mengobarkan perang melawan Halinar.

“Mari kita tingkatkan kinerja dan terus korbarkan semangat melawan HALINAR dari para oknum yang tidak bertanggungjawab. Kita sendiri harus punya inisiatif dan niat serta komitmen untuk bisa mewujudkan pemasyarakatan bebas HALINAR dan mewujudkan warga binaan yang berkelakuan baik, ”pungkas Agus. (GC.Tim)

Related posts

Pesta Miras, 7 Anak Punk tertangkap Satpol PP Kota Pekalongan

Widodo

Miliki Obat Psikotropika, Warga Bojong Diamankan Polisi

Widodo

Sinergitas Satpol PP Kota Pekalongan dan Provinsi Gelar Operasi Pekat

Widodo

Polres Pekalongan Kembali Amankan Residivis Kasus Pencurian

Widodo

Tersangka Pencabulan Anak Berhasil Dibekuk Polisi

Widodo

Viral di Media! Pelaku Penganiaya Kakek Berhasil Dibekuk Polisi

Widodo

Leave a Comment