Mari Tingkatkan Imunitas dengan Konsumsi Jamu
Statemen

Mari Tingkatkan Imunitas dengan Konsumsi Jamu

Kota Pekalongan, GarudaJateng – Sejak maraknya wabah COVID-19. Beberapa produk dengan klaim pencegahan dan penyembuhan mendadak laris manis di pasaran. Tak terkecuali ragam rempah nusantara seperti jahe, kunyit, dan temulawak yang dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga bisa menangkal transmisi virus corona.

Jahe, kunyit, dan temulawak memang bagus untuk menambah daya tahan tubuh, tapi tak serta-merta bisa menyembuhkan COVID-19.

Dokter Klinik Saintifikasi Jamu di Pusat Saintifikasi dan Pelayanan Jamu (PSPJ) Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, dr Akhmad Ismail mengungkapkan. Bahwa corona itu virus seperti influenza dan virus lainnya yang tidak akan mudah mengenai kita jika kondisi fisik kita bagus.

“Konsumsi jamu memang telah diakui keefektifannya. Jamu bisa menangkal virus karena meningkatkan imunitas kita, virus tidak akan berkembang di sel-sel tubuh jika kita tidak menyediakan makanan virus yakni dengan mengurangi gula, sumber gula yakni karbohidrat,” terang dr Ismail.

Dokter Ismail mengimbau agar masyarakat menjaga pola hidup sehat. Pada prinsipnya jika orang ingin sehat harus mengurangi gula. Makanan manis saat ini banyak yang tidak menyehatkan, apalagi jika diabetes tentu tidak boleh.

Untuk menjaga imunitas atau kekebalan tubuh dr Ismail menyarankan untuk mengonsumsi jahe, kunyit, temulawak, kayu secang, dan kayu manis.

“Tak harus dalam bentuk minuman jamu, bahkan kita kenal jamu dalam bumbu. Makanan yang dimasak nenek moyang kita kaya akan rempahnya. Rempah ini mengurangi hal negatif dari daging dan lemak berlebih,” kata dr Ismail.

Hal yang paling efektif untuk mencegah penularan virus corona yakni rajin mencuci tangan dengan sabun, melakukan pemeriksaan suhu, dan penyemprotan desinfektan di tempat-tempat publik. (GC-J)

Related posts

Pemprov Jateng Bantu 25.000 Karung untuk Tanggul Darurat

Widodo

Pemkot Pekalongan Dukung Rakornas Penanggulangan Bencana 2020

Widodo

Upacara Sertijab Danlanal Tegal Berlangsung Khidmat

Widodo

Aksi Bersih Sungai “Kali Loji” Komunitas Sapu Lidi Menggugah Kesadaran Masyarakat Menjaga Kebersihan Lingkungan

Widodo

Lulus Passing Grade SKD Belum Tentu Lanjut Tahap SKB

Widodo

Kapolres Geram, Namanya Dicatut Terkait Pergantian Plat Nomor Mobdin G 9506 PA

Hadi Lempe

Leave a Comment