Tindakan sangsi protokol kesehatan
Ragam

Masyarakat Harus Sadar Jalankan Protokol Kesehatan

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Masyarakat memiliki peran penting dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 agar tidak menimbulkan sumber penularan baru, terutama pada tempat-tempat umum dimana terjadi banyak interaksi antar manusia. Masyarakat harus dapat beradaptasi di tengah pandemi Covid-19 ini dengan kebiasaan baru yang lebih sehat, lebih bersih, dan lebih taat, yang dilaksanakan oleh seluruh komponen yang ada di masyarakat serta memberdayakan semua sumber daya yang ada.

Namun nyatanya, masih banyak masyarakat yang tidak mengindahkan penggunaan masker. Hal ini terbukti dari banyaknya para pelanggar yang terjaring dalam operasi penertiban masker oleh tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekalongan bersama TNI/ Polri di Kawasan Alun-Alun Kota Pekalongan, Senin (14/9/2020).

Kepala Seksi Pembinaan Kesatuan Perlindungan Masyarakat Satpol PP setempat, Eko Kristijanto SH menyebutkan bahwa kurang lebih 30 personil Satpol PP, TI, dan Polri diterjunkan dalam patroli ini. “Masyarakat memang harus sadar untuk menjalankan protokol kesehatan karena masyarakat berperan dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 (risiko tertular dan menularkan),” tegas Eko.

Disampaikan Eko bahwa patroli ini digencarkan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 bagi masyarakat. Eko melihat masih banyak orang yang kurang mematuhi Peraturan Walikota nomor 48 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid 19 seperti mengenakan masker. “Dengan patroli ini kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker. Masker sangat penting untuk menjaga diri dari penularan Covid-19,” kata Eko.

Masyarakat yang kedapatan tidak mengenakan masker dikenakan sanksi antara lain kerja sosial seperti menyapu dan pembinaan disiplin berupa hukuman fisik push-up. Sehingga ke depan, Eko berharap warga masyarakat tidak lagi melanggar salah satu protokol kesehatan tersebut. (HL)

Related posts

Selawi Berduka, Bupati Ki Enthus Sukmono Meninggal Dunia

Hadi Lempe

Pemkot Ikuti Uji Publik KIP 2020, Masuk 19 Besar

Hadi Lempe

Dindik : Lakon-dik, Tangani 85 Pengaduan Masalah Pendidikan

Widodo

Dinkominfo Serahkan Sertifikat PJJ Bagi 120 Guru

Hadi Lempe

Pasar Darurat Banjarsari Padat Pengunjung

Hadi Lempe

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Porak Porandakan Bangunan Rumah Warga

Hadi Lempe

Leave a Comment