Ragam

Menengok Kondisi Banjir di Kota Pekalongan

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Curah hujan tinggi dan meluapnya sungai mengakibatkan banjir yang menggenangi 22 kelurahan di Kota Pekalongan. Status tanggap darurat banjir selama dua pekan telah dilayangkan pemerintah setempat.

Ribuan warga yang terdampak banjir sudah mengungsi di puluhan tempat pengungsian setempat. Genangan air dilihat dari kamera drone menggenangi kurang lebih 80% luasan permukiman. Status tanggap darurat ditetapkan sampai 20 Februari 2021 lewat Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Walikota Pekalongan, H.M Saelany Machfudz S.E.

Selama tahun 2021 ini,musibah banjir terjadi beruntun di Kota Pekalongan. Banjir kiriman dan banjir lokal terus mengganggu kenyamanan warga. Ritual mengungsi, kembali ke rumah, membersihkan lumpur, dan kembali lagi mengungsi sudah menjadi kebiasaan warga yang tinggal di daerah langganan banjir.

Walikota Pekalongan, H.M Saelany Machfudz S.E menyampaikan bahwa dengan bencana banjir yang kembali menggenangi Kota Pekalongan akibat curah hujan yang tinggi dan meluapnya beberapa sungai ke permukiman, pihaknya bersama jajaran Forkopimda telah melakukanbkoordinasi penanganan banjir.

Adanya SK status tanggap darurat dimaksudkan untuk memudahkan penanganan banjir, terutama kaitannya dengan pendanaan dan koordinasi dengan pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi. Hal ini diungkapkan Walikota Saelany, Rabu (10/2/2021).

Menurut data BPBD Kota Pekalongan periode 9 Februari 2021, bencana banjir yang melanda Kota Pekalongan mengakibatkan 22 dari 27 kelurahan terdampak banjir dan 4.240 orang mengungsi di beberapa titik pengungsian yang telah disiapkan. Sementara untuk warga yang terdampak banjir ada pula yang tidak mengungsi.(HL/Sekar)

Related posts

ASN Harus Jadi Teladan Pencegahan Covid-19

Hadi Lempe

Wujudkan Pilwalkot Berintegritas, Bawaslu Ajak Ormas dan LSM Awasi Pemilu

Hadi Lempe

Dindukcapil Kota Pekalongan Gandeng RT, Wujudkan Program GISA

Hadi Lempe

Optimalkan PPKM Mikro Hadapi Pemudik Yang Lolos

Hadi Lempe

Kapolres Pekalongan Ingatkan Anggotanya Tetap Netral Dalam Pilkades

Widodo

Peringati Hari Kesiapsiagaan Nasional, BPBD Kampanyekan Penggunaan Masker Cegah Covid-19

Hadi Lempe

Leave a Comment