Press "Enter" to skip to content

Menyusur Pantai New Zealand-Nya Indonesia, Pantai Menganti

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai dilengkapi panorama alam, nan elok, yaitu laut di tepi bukit hijau. Pemandangan Indah tersebut mengesankan seperti sedang berada di New Zealand.

Pantai asri ini dapat ditempuh dari kecamatan Gombong melalui kecamatan Ayah. Karena melewati perbukitan, maka jalan menuju Pantai Menganti agak menanjak dan berkelok. Pantai Menganti merupakan area para nelayan menangkap ikan.

Selain itu, produk pertanian juga memberikan kelimpahan harta tebing perbukitan hijau. Yang menjorok ke lautan. Untuk bisa mencapai bukit yang berada di area Timur – Selatan Pantai Menganti, ada tumpangan ke lokasi tesebut dapat masuk secara gratis. Bukit tersebut bernama Bukit Gazebo. Karena banyak terdapat gazebo di tempat tersebut.

Indahnya panorama laut dengan pegunungan digambarkan oleh salah seorang wisatawan sebagai sedang menikmati manikam di atas lautan nirwana. Salah seorang wisatawan sedang asyik mengagumi suasana pantai. Stephen, pelancong dari Australia yang kebetulan sedang ada pekerjaan bisnis di Indonesia.

Disebutkan bahwa, meskipun sudah beberapa kali menikmati indahnya pantai berbukit di Selandia Baru, namun masih saja terkagum-kagum dengan eloknya pemandangan yang disaksikannya di Pantai Menganti.

“Saya hampir setiap tiga bulan sekali datang ke Indonesia untuk urusan bisnis dan saya selalu datang ke sini sekedar menikmati indahnya pantai berbukit,” ujar Stephen penuh kekaguman.

Ketika ditanya aktivitas apakah yang paling disuka di Pantai Menganti,  jawabnya singkat: “Menikmati suara ombak.”

Selain duduk di gazebo, banyak pelancong yang duduk santai di atas rumput hijau yang terbentang luas di atas bukit. Rumput yang tidak sengaja tumbuh tersebut menimbulkan keindahan tersendiri bagi bukit yang memang tampak asri tersebut. Tampak terlihat beberapa pasang remaja yang bercengkerama menikmati alam yang unik tersebut.  Beberapa anak kecil juga tampak berlarian kecil di dekat pantai ditemani oleh orang tuanya.

Adapun bagi yang suka sekedar duduk manis menikmati pemandangan pantai dari atas bukit lebih memilih berada pada gazebo. Beberapa sembari menikmati bekal yang dibawa. Dan ada pula yang sembari makan di beberapa warung kuliner kecil di sekitar area wisata.

Laut yang merupakan sebuah Tanjung ini memiliki sebuah pantai kecil bernama Karangbata. Bibir pantai Karangbata kaya akan batuan kecil.

Pada masa lalu, di kawasan Menganti terdapat sebuah gunung api purba yang pernah aktif. Pada saat meletus, mengeluarkan material berupa kerikil-kerikil yang saat ini menghiasi bibir pantai Karangbata. Tampak beberapa pengunjung sengaja berjalan di atas kerikil tanpa alas kaki. Dan mereka menyebutkan sedang melakukan relaksasi alam di atas kerikil.

Pantai Menganti yang instagramable

Di sisi barat daya Tanjung Karangbata terdapat sebuah jembatan yang dinamakan Jembatan Merah. Nama jembatan merah disesuaikan dengan warna jembatan yang memang merah. Jembatan berada di atas batu karang. Spot foto dibuat oleh pengelola di jembatan ini. Lokasi yang cukup instagramable tersebut menjadi tempat paling favorit berselfie ria bagi para pengunjung terutama wanita dan sekelompok remaja. Tampak segerombolan remaja berebut berfoto di atas jembatan merah.

Yang lebih unik adalah area kemah di kawasan perbukitan yang ada di Tanjung kalibata. Tidak sedikit tenda, didirikan di atas area lapang yang memang disiapkan oleh pengelola untuk berkemah.

Panorama matahari terbit bisa dinikmati bagi yang berkemah di kawasan bukit Tanjung Kalibata.

Adapun berdasarkan kisah klasik, nama Menganti sendiri berdasarkan atas sebuah kisah mengenai dua kekasih yang melarikan diri karena hubungan mereka tidak direstui. Mereka berjanji bertemu di pantai ini. Namun, ternyata salah satu pasangan ingkar tak kunjung datang. Dan sang kekasih yang seorang panglima masa Majapahit, menanti di pantai sembari menatap samudera.

Disebutlah Menganti atau menanti. 

Baca juga: Spot terbaik sunrise di Jateng

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Web Development by GARUDA.WEBSITE
Garuda Citizen Jateng adalah portal berita online dibawah badan hukum PT. Garuda Citizen. Memuat berbagai konten, seperti: berita politik, hukum, HAM, budaya, tradisi serta peristiwa menarik dan penting.