Ragam

Ngamen dan Buka Puasa Bersama di Masjid Assalam Rest Area KM 360 Batang

Batang Garudacirizen Jateng – Takmir dan Remaja Masjid Assalam di Rest Area KM 360 Batang menggelar agenda ngabuburit dan buka puasa bersama.
Acara tersebut turut hadir Ustad Munaryo,. S. Ag sebagai pemantik tausiah dan dimeriahkan oleh Entertainment Music “Sing Sae Band” dengan membawakan lagu-lagu bernuansa islami.
Kegiatan dimulai sejak pukul 16.00 hingga 21.00 WIB diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan disambung dengan berbagai acara inti yaitu tausiah ramadhan, buka bersama, salat tarawih berjamaah, khataman Alquran, dan potong tumpeng.
Bertempat di Masdjid Asaalam Rest Area KM.360 Batang,Rabu (28/5/2021)

“Alhamdulillah acara kita ini sudah mendapatkan izin dari beberapa pihak, di antaranya adalah dari Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) dan juga pihak aparat TNI/Polisi setempat,” Ungkap Ario Seto, Ketua Takmir Masjid Assalam.
“Berjalanya acara ini tak lepas menerapkan protokol kesehatan. Kami sudah menyediakan tempat duduk social distancing, masker gratis, beberapa titik tempat cuci tangan, alat pengecek suhu badan, dan ambulans darurat.” ungkapnya.

Dewan Penasehat Masjid Assalam, Fajar Hanief juga menyampaikan harapan besar pada agenda tersebut. Ia menuturkan hal penting yang merupakan tujuan pokok acara adalah, agar menjadi salah satu sarana silaturahmi dan momentum istimewa dalam mengisi hari-hari di Bulan Ramadhan.
“Terima kasih kepada para pengunjung, seluruh tamu undangan, tim panitia, dan pemilik UKM yang bersedia mendonasikan takjil sebagai menu buka puasa bersama pada sore hari ini.” Ucap Ario Seto.

Seluruh pengunjung dan tamu undangan turut menikmati menu buka bersama dengan berbagai macam kudapan.
Sebagai penambah kemeriahan acara, penyelenggara turut mengundang band religi “Sing Sae” dari Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah dengan tagline “NGAMAL SIK” atau akronim dari kata “Ngamen, Beramal Asik”.
Pada dasarnya acara ini dapat terlaksana karena inspirasi dari Sing Sae. Ungkap Fajar Hanief.

“Sing Sae punya niat mulia di Bulan Ramadhan. Ngamen dengan konsep beramal kepada kaum yatim piatu dan dhuafa. Sehingga kita perlu menyambut niat baik mereka dengan mengajak berkerjasama untuk mewujudkan acara kita pada sore hari ini.” Tambahnya.

Pengunjung tampak menikmati acara demi acara. Menunggu waktu buka puasa dengan dendangan musik dari Sing Sae. Bahkan tidak sedikit yang menyumbang berupa uang. Menurut hasil perhitungan tim Sing Sae ngamen dan beramal asik pada sore itu mendapatkan sumbangan uang sebesar Rp.850.000 rupiah.
“Sebenarnya Sing Sae aktif di dunia entertainment. Kami biasa hadir di acara-acara pernikahan dan acara formal lainnya.” Jelas Amin Maynuddin, Manajer Sing Sae Band.

“Ramadhan kali ini merupakan Ramadhan di tahun ketiga, di mana kami fokus pada kegiatan santunan. Konsep kami ngamen dan hasilnya akan disalurkan kepada anak-anak yatim piatu dan dhuafa. Kami ingin melihat mereka turut berbahagia ketika menyambut lebaran idul fitri.”

Dian Fatralex, Penyelia Rest Area KM 360 Batang, menghimbau kepada tim keamanan, tim kebersihan, dan marbot masjid agar selalu siap siaga mengontrol keamanan dan kenyamanan di lokasi kegiatan.
Hingga pukul 21.00 WIB, tamu undangan dan pengunjung mengikuti proses khataman Alquran 30 Juz dan syukuran potong tumpeng sebagai simbolis.

“Alhamdulillah dengan rutin membaca Alquran 2 Juz sehari, teman-teman bisa mengkhatamkan Alquran dalam kurun waktu 15 hari. Semoga Allah berikan keberkahan kepada kita semua.” Ujar Handoko, Salah satu pengelola UKM di Rest Area.

Di penghujung kegiatan seluruh panitia saling gotong royong untuk memungut sampah sebagai salah satu wujud tanggung jawab bersama. Acara berlangsung lancar dan tetap pada penerapan protokol kesehatan pencegahan Corona Virus 19.
(M.Mukarom)

Related posts

Olahraga Bersama, Apel Danramil dan Babinsa Kodim Pekalongan

Widodo

Pelantikan Walikota Pekalongan Akan Dilakukan Secara Virtual dan Terbatas

Hadi Lempe

Jelang Idul Fitri 2018, Harga Kepokmas Batang Naik 5-10 Persen

Hadi Lempe

Cegah Covid-19, 1200 Masker Buatan Warga Binaan Pemasyarakatan Di Bagikan Ke Masyarakat

Hadi Lempe

Tingkatkan Kapasitas SDM, Staf Teknis Dinkominfo Dilatih Pfsense

Hadi Lempe

Kapolres Pekalongan Serahkan 14 Unit Kendaraan Dinas

Widodo

Leave a Comment