Berita

Masyarakat Wajib Terapkan 6 Prinsip Higiene Sanitasi Pangan

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Guna mewujudkan masyarakat yang sehat, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kesehatan setempat mendorong agar masyarakat menerapkan 6 prinsip higiene sanitasi pangan untuk menjaga kualitas makanan yang dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh kondisi yang bersih dan tetap bersih dan aman.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto melalui Sanitarian Muda setempat, Maysaroh menjelaskan 6 prinsip higiene sanitasi pangan yang dimaksud meliputi, pemilihan bahan pangan yang segar dan sesuai standar, cara menyimpan bahan pangan sebelum diolah, pengolahan makanan dengan menggunakan alat masak yang aman, penyajian makanan harus dalam kondisi tertutup dan cara menyimpan makanan siap saji dengan tidak membiarkan di suhu ruang dalam waktu yang lama.Genjot Skrining Dini, Upaya Dinkes Tekan AKI/AKB

Dijelaskan Maysaroh untuk menghasilkan makanan yang sehat dan aman harus dimulai dari pemilihan bahan pangan berkualitas yang dapat dilihat dari ciri fisik seenaknya bentuk, warna, kesegaran dan bau makanan. Bahan makanan yang baik juga harus terbebas dari kerusakan serta pencemaran kimia, seperti pestisida, biologis dan radioaktif. Bahan makanan yang digunakan dalam proses pengolahan makanan baik sebagai bahan baku maupun tambahan harus dibersihkan dengan air mengalir dan disimpan dengan cara yang baik.

“Masyarakat harus benar-benar memperhatikan kondisi dan kualitas bahan pangan yang akan dimasak, cuci dengan air mengalir, hindari makanan mentah sebab bisa jadi terdapat bakteri, masak sampai matang. Kemudian jika makanan tersebut sisa tidak habis dalam satu waktu simpan di lemari pendingin dengan wadah tertutup supaya tidak terkontaminasi dengan bakteri, dan jangan lupa saat mengolah dan sebelum makan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir,” pungkasnya. (DINKOMINFO/Aina HL)

Related posts

Wapress Pekalongan Gelar Musik Reggae “Pasir Kencana Beach Reggae Party 2019”

Hadi Lempe

Para Kader Sosialisasikan Keamanan Pangan

Hadi Lempe

Sambut HUT RI dan Jelang HDKD ke-78 Lapas Pasir Putih Kanwil Kemenkumham Jateng Hantarkan 1 Napiter Ikrar Setia NKRI

Hadi Lempe

Tumpukan Ban Bekas di Lapangan Tembak Mako Brimob Terbakar

Hadi Lempe

Kodim 0710 Pekalongan Gelar Latihan pengamanan Pemilu

Hadi Lempe

Raperda Perubahan APBD T.A 2020 dan 3 Raperda Masa Sidang Tahun 2020 Disetujui

Hadi Lempe

Leave a Comment