Ragam

Ormas Petanesia Gelar Silatnas di Kota Pekalongan

Kota Pekalongan, GarudaJateng – Ormas Petanesia (Pecinta Tanah Air Indonesia) yang digagas oleh ulama nasional Muhammad Luthfi bin Yahya. Atau Habib Luthfi, sapaan akrabnya. Menggelar Silaturahmi Nasional (Silatnas) di Kota Pekalongan, bertempat di Hotel Sahid Mandarin setempat, Jumat- Sabtu (18-19/10/2019).

Kegiatan bertema “Pancasila Jembatan Kebhinekaan Beragama, Berbangsa, dan Bernegara” ini dihadiri oleh Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz, SE, Wakil Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, SE, dan ratusan anggota ormas Petanesia dari beberapa wilayah di Indonesia.

Rangkaian Silatnas Petanesia ini diisi dengan berbagai diskusi dengan narasumber sejumlah ahli, TNI, Polri, tokoh agama, budayawan, dan sebagainya. Kegiatan diisi pula dengan Dialog Kebangsaan yang dikemas dalam “Sesorah Kebangsaan” dengan narasumber Habib M Luthfi bin Ali Yahya, serta dilanjut deklarasi Petanesia.

Wakil Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, SE dalam sambutannya menyampaikan apresiasi langkah ormas Petanesia dibawah bimbingan ulama Habib Luthfi yang berusaha menumbuhkan rasa cinta tanah air di tengah situasi NKRI saat ini. Beliau mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menangkal isu-isu yang dapat memecah belah bangsa

“Pada perkembangannya, saat ini bangsa Indonesia bukan dijajah dengan senjata melainkan dipecah belah oleh bangsa sendiri dari segelintir orang-orang yang tidak bertanggungjawab melalui akhlak, moral, budaya, dan sebagainya. Hal inilah yang harus disikapi dan antisipasi bersama dalam menangkal isu-isu semacam ini,” terang Aaf, sapaan akrabnya.

Menurut Aaf, Kota Pekalongan bersyukur memiliki ulama terkemuka seperti Habib Luthfi yang mampu merangkul seluruh elemen masyarakat baik dari lintas agama, suku, dan budaya yang senantiasa mengajak untuk memperjuangkan cinta tanah air bangsa dalam setiap isi ceramahnya.

“Kita perlu sosok-sosok seperti beliau dalam semangatnya menumbuhkan cinta NKRI, bagaimana berjuang untuk bangsa ini. Apapun yang terjadi hanya karena satu dua orang yang tidak bertanggungjawab, memanfaatkan situasi yang sedang panas, harus kita tangkal dan cegah bersama. Saya yakin yang hadir malam ini tetap cinta NKRI. Mari kita jaga generasi muda kita untuk tetap cinta NKRI,” tegas Aaf

Alhamdulillah melalui forum Kerukunan Umat Beragama di Kota Pekalongan sudah berjalan dengan solid. Senantiasa berkoordinasi dengan Pemkot, aparat TNI/POLRI, ulama yang harus senantiasa diperkuat supaya jangan sampai isu SARA bisa memecah negeri ini khususnya Kota Pekalongan tercinta,” pungkas Aaf.

Ketua Panitia Silatnas Petanesia kota Pekalongan, M. Eko Priyono menyampaikan sejarah berdirinya organisasi kemasyarakatan (ormas) Petanesia. Terbentuknya Petanesia berawal dari keprihatinan Habib Luthfi bin Ali bin Yahya sejak 13 tahun lalu tentang NKRI yang saat ini sedang digoyang separatisme, radikalisme, dan terorisme.

Simak video berikut :

“Petanesia ini adalah organisasi masyarakat yang resmi dimana penggagas berdirinya oleh Habib Lutfi untuk menggelorakan semangat cinta tanah air Indonesia . Kita bergerak budaya, tradisi, sejarah dalam penekannya yang melibatkan lintas agama dan budaya. Dalam Silatnas ini bersepakat menentukan arah organisasi, tujuan dan fatwa kebangsaanya mau dibawa kemana,” kata Eko.

Dr. Cand. Nurcahaya Tandang, SIP,SH,MSi seorang analist dari Centre For The Study of Intelligence and Counterintelligence Jakarta merasa bersyukur dengan keberadaan Ormas Petanesia untuk menangkal perpecahan bangsa.

“Petanesia akan menjadi penggerak, pemberi kesejukkan mempersatukan kembali kelompok masyarakat yang mulai retak pada kondisi politik bangsa ini yang kurang sehat. Petanesia diharapkan akan seterusnya membentuk cabang-cabang di seluruh Indonesia untuk mengawal negeri ini, dan harus tetap independent, tidak untuk masuk atau terlibat dalam kepentingan politik atau kepentingan kelompok tertentu,” ujar Nur. (Widodo)

Related posts

Lagi-Lagi Rumah Ludes Terbakar

Hadi Lempe

Desain Kemasan Tingkatkan  Pemasaran Industri Kecil Menengah  

Hadi Lempe

Hari Jadi ke-397, Kabupaten Pekalongan Gelar Jalan Sehat

Widodo

76 Rumah Warga Lebakbarang Pekalongan Dapat Akses Air Bersih

Widodo

Merapi Kembali Muntah

Hadi Lempe

Pemeliharaan dan Perawatan Persenjataan Kodim Pekalongan

Widodo

Leave a Comment