Panen Kopi Temanggung, Petani Berharap Harga Kopi Membaik
Business

Panen Kopi Temanggung, Petani Berharap Harga Kopi Membaik

Kabupaten Temanggung, garudacitizen.Jateng – Petani kopi di Jumo, kabupaten Temanggung. Mulai memasuki puncak musim panen. Pada tahun lalu, harga kopi dapat di kisaran Rp. 26.000 sampai dengan Rp. 27.000/kg. Para petani berharap harga jual kopi ditahun ini masih bisa bertahan seperti tahun lalu.

Dionusius, atau Oni sapaan akrabnya. Salah satu petani kopi di Gunung Gempol, Kecamatan Jumo, kabupaten Temanggung. Mengatakan, pada bulan Agustus merupakan puncak musim panen.

“Ya, semua sentra kopi di kabupaten Temanggung panen bersamaan. Harga biji kopi saat ini kisaran Rp. 20.000. Harga ini masih dibawah harga tahun lalu. Yakni di angka Rp.26.000 sampai dengan Rp. 27.000 per kilogramnya,” ujar Oni, Rabu (28/8/2019).

Puncak musim panen kopi Kabupaten Temanggung, mencapai puncaknya pada bulan Agustus dan September.

Menurut dia, turunnya harga sudah merupakan siklus tahunan yang selalu terjadi pada puncak panen. Lagi pula banyak petani yang menjual kopi dengan kadar air tinggi dan petik hijau. Sehingga mutunya rendah, secara otomatis turut memperburuk harga jual.

Petani tidak bisa berbuat apa-apa terhadap naik-turunnya harga kopi. “Yang bisa dilakukan petani adalah meningkatkan mutu kopi melalui petik merah dan mengeringkan kopi. Minimal seminggu, agar kadar airnya rendah sehingga harga jualnya lebih baik,” jelas Oni.

Di tempat terpisah, Heri Ibnu Wibowo, Wakil Bupati Temanggung. Mengatakan, panen tahun ini, akan mencapai puncaknya pada bulan Agustus dan September. Ia berharap para petani meningkatkan kualitas hasil panen dengan cara petik kopi merah.

“Dengan petik merah, maka harga kopi akan lebih mahal. Dan hasilnya pun juga akan lebih besar. Jika kualitas ditingkatkan, ke depan petani kopi akan semakin sejahtera. Karena harga kopi akan meningkat seiring dengan meningkatnya kualitas,” pungkasnya. (Arintoko)

Related posts

As ‘Unicorns’ Emerge, Utah Makes a Case for Tech Entrepreneurs

Dedi Ariko

Snapchat User Growth Disappoints in Another Down Quarter

Dedi Ariko

Jeff Bezos just sold $1.1 billion worth of Amazon stock

Dedi Ariko

Travel Agents? No. Travel ‘Designers’ Create Strategies, Not Trips.

Dedi Ariko

US and AT&T discuss conditions for approval of Time Warner deal

Dedi Ariko

The South Park Commons Fills a Hole in the Tech Landscape

Dedi Ariko

Leave a Comment