Ragam

Pelaksanaan Vaksinasi Lansia Secara Serentak Mulai Besok

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Dinas Kesehatan Kota Pekalongan terus menggencarkan program vaksinasi yang saat ini telah menyasar petugas pelayanan publik dan kelompok lanjut usia (lansia). Pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat lansia Kota Pekalongan digelar serentak pada besok, tanggal 30-31 Maret 2021 di 23 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang telah ditunjuk sebagai tempat penyelenggara vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan,Dr Slamet menjelaskan, sesuai dengan arahan Gubernur Jawa Tengah,Ganjar Pranowo bahwa saat ini vaksin yang ada harus dimanfaatkan untuk kelompok lansia yang betul-betul harus diprioritaskan mendapatkan vaksin pada tahap kedua bersama petugas pelayanan publik. Hal ini menyusul adanya kebijakan baru dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bahwa lansia menjadi prioritas utama.

“Lansia menjadi prioritas vaksinasi Covid. Sebelumnya,kami telah menyebarluaskan link pendaftaran vaksin lansia untuk di data siapa saja yang ingin mengikuti vaksinasi lansia bagi masyarakat umum. Pelaksanaan vaksin bagi masyarakat lansia secara serentak digelar pada tanggal 30-31 Maret 2021 di 23 fasyankes yang telah ditunjuk baik di rumah sakit maupun puskesmas,”terangnya.

Menurut Budi, selain lansia yang sudah terdata dan melakukan pendaftaran di link yang sudah disediakan,kelompok lansia yang lain yang belum terdaftar juga bisa mengikuti vaksinasi Covid-19 secara langsung dengan datang ke fasyankes terdekat membawa kartu tanda pengenal diri dan akan discreening terlebih dahulu oleh petugas vaksinator. Mengingat pelaksanaan vaksinasi lansia pada dosis kedua saat Bulan Ramadhan,maka Budi menekankan kepada fasyankes untuk menanyakan terlebih dahulu kepada setiap lansia mengenai ketersediaan dirinya untuk disuntik vaksin pada Bulan Ramadhan.

“Menurut MUI sendiri vaksin saat bulan Ramadhan boleh dilakukan,namun sebagian lansia mengkhawatirkan adanya efek samping saat kondisi tubuh mereka kurang bagus. Sehingga,kami menekankan kepada para fasyankes mengenai ketersediaan lansia maupun petugas pelayanan publik sedini mungkin untuk pemberian vaksinasi di bulan Ramadhan. Jika tidak bersedia,seyogyanya bisa menunggu setelah lebaran. Namun,bagi yang bersedia baik yang sudah terdaftar atau belum, silahkan masyarakat lansia bisa langsung datang ke fasyankes terdekat,”tandasnya.

(HL/Sekar)

Related posts

Meriahkan HUT RI, 39 Regu Ikuti Gerak Jalan Pelajar

Widodo

SMA Negeri 1 Wiradesa Gelar Dies Natalis ke-39

Widodo

Polres Pekalongan Kota bersama Bid Dokkes Polda Jateng Gelar Baksos Ajak Masyarakat Persiapkan Diri Sambut New Normal

Hadi Lempe

HUT Bhayangkara ke-73, Polres Pekalongan Kota Olahraga Bersama TNI, Forkopimda dan Masyarakat

Widodo

Pengurus IPSI Kota Pekalongan Periode 2019-2023 Resmi Dilantik

Widodo

Tim Gugus Kota Pekalongan Lakukan Rapid Test Pengunjung dan Karyawan Plaza Pekalongan

Hadi Lempe

Leave a Comment